Wisata Alam Prabu, Nikmati Keindahan Alam Kebumen dari Atas Bukit

Sebuah tempat wisata bernuansa perbukitan baru saja diresmikan oleh Plt Bupati Kebumen, Bapak Yazid Mahfudz, Minggu (06/05/2018). Tempat wisata baru ini diberi nama Wisata Alam Prabu (WAP). Terletak di desa Tirtomoyo, kecamatan Poncowarno, kabupaten Kebumen dan dikelola langsung oleh pemuda karang taruna dan pemerintah desa setempat.

Wisata Alam Prabu Kebumen

Kebetulan ada seorang kawan saya yang merupakan anggota karang taruna pengelola Wisata Alam Prabu. Dia adalah mas Agus Prasetyo, seorang cowok warga desa Tirtomoyo yang masih singgel namun sudah tak jomblo lagi. Dia memberitahu saya akan adanya acara launching Wisata Alam Prabu.

Meski agak sibuk dengan pekerjaan (di sawah ๐Ÿ˜€ ), saya menyempatkan diri untuk menyaksikan acara peresmian itu. Rasa penasaran membuat saya rela jauh-jauh datang. Sebenarnya sih gak terlalu jauh, cuma sekitar 17 km dari tempat tinggal saya. Tapi karena tersesat melintasi medan yang naik turun saat menuju ke sana, perjalanan menjadi terasa jauh, sejauh 2 kali lipatnya.

Wisata Alam Prabu menawarkan keindahan alam Kebumen dan daerah sekitarnya yang dapat dinikmati dari ketinggian bukit Prabu. Saat melihat ke selatan nampaklah petakan-petakan sawah serta rimbunnya pepohonan di pedesaan yang membentang dari timur hingga barat. Jika cuaca cerah, garis pantai laut selatan akan turut terlihat karena memang batas selatan kabupaten Kebumen adalah Samudera Hindia. Di bagian barat daya juga nampak gedung-gedung yang berjajar rapat di Kota Kebumen.

Baca Juga:  Pengalaman Ganti Kartu Dengan Nomor yang Sama di Grapari Telkomsel

Pemandangan yang berbeda akan kita lihat saat menghadap ke arah utara. Indahnya sawah terasering yang dipadu dengan pepohonan hijau di pegunungan membuat mata betah berlama-lama menikmatinya. Selain itu, jika beruntung kita akan bisa melihat beberapa gunung tinggi yang berdiri kokoh di Jawa Tengah. Sebut saja gunung Slamet, gunung Sindoro, gunung Sumbing, gunung Merbabu dan gunung Merapi.

Tak hanya menawarkan pesona keindahan alam Kebumen, pengelola Wisata Alam Prabu juga menyediakan berbagai spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto ria. Ada motor, replika kupu-kupu, tangan cinta, daun, batman, elang, perahu dan bunga matahari. Itu yang sudah bisa dipakai untuk berfoto saat acara launching kemarin. Konon katanya, kedepan masih ada beberapa spot foto menarik lain yang akan dibuat.


Bagi pengunjung diharap bisa jaga lisan dan perbuatan. Kenapa? Sebab di atas sana ada petilasan (makam) Mbah Prabu. Kita akan melintasinya saat menuju spot foto perahu. Jangan berfikir yang macam-macam, meski ada petilasan Mbah Prabu tapi tak seseram di film-film horor. Saya yang sebenarnya penakut juga di sana merasa biasa-biasa saja, soalnya jalan yang dilintasi gak langsung lewat makam, melainkan ada di samping bawahnya. Area makam hanya boleh dimasuki oleh para peziarah.

Baca Juga:  Liburan Akhir Tahun, dari Curug Kedungsentul hingga Wisata Alam Lubang Sewu

Wisata Alam Prabu juga sangat cocok untuk kalian yang punya rencana liburan bersama si buah hati. Di sana terdapat Zona Bermain Anak yang cukup luas dengan berbagai wahana permainaan yang seru. Kemarinย  waktu saya kesana, tempat inilah yang paling ramai pengunjungnya.

Untuk memasuki Wisata Alam Prabu kita hanya perlu bayar tiket seharga 5.000 rupiah saja. Disediakan lahan parkir yang cukup luas untuk parkir kendaraan kalian. Tapi mohon maaf saya tidak bisa menginformasikan berapa tarif parkir untuk sepeda motor maupun mobil, soalnya kemarin saya parkir gratis ๐Ÿ˜›

Tertarik mengunjungi tempat wisata baru di Kebumen ini tapi belum tahu lokasinya? Tenang, kalian bisa mengikuti rute yang ada di Google maps. Tipsnya biar gak nyasar seperti saya, kalian yang dari arah Kebumen dan Purworejo sebaiknya melalui Kutowinangun saja. Nanti dari alun-alun Kutowinangun ikuti rute mobil menuju Wisata Alam Prabu yang ada di Google maps, dijamin jalanan alus tanpa tanjakan yang berarti ๐Ÿ˜€ Jangan lupa gunakan kendaraan pribadi ya, sebab hingga tulisan ini dibuat belum ada angkutan umum yang menuju ke sana.

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*