Syarat 4G Sudah Terpenuhi Tapi Jaringan Cuma Mentok di 3G

Jaringan 4G sekarang sudah semakin menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan di lokasi pedesaan seperti tempat tinggal saya sudah ada jaringan 4G yang cukup baik dari beberapa operator. Awal masuk adalah 4G Indosat, kemudian disusul 4G Telkomsel dan 4G XL. Dan yang paling kuat di desa saya saat ini adalah jaringan 4G Indosat. Bukan iklan, saya ngomong kenyataan 😀

Seiring dengan menyebarnya jaringan 4G, semakin banyak pula orang yang tahu dan ingin mencicipi kecepatan internet 4G. Sayang, meski sudah terpenuhi semua syarat agar bisa menggunakan jaringan 4G tapi tidak semua orang langsung mendapat sinyal 4G. Nyatanya beberapa kali ada orang yang bertanya kepada saya kenapa hpnya cuma mendapat sinyal 3G/H+ padahal seharusnya sudah bisa 4G?

Ada 3 syarat untuk bisa menggunakan jaringan 4G yaitu hp/modem 4G, USIM card 4G dan lokasi yang sudah ada jaringan 4G. Tanpa salah satunya kita tidak akan bisa menikmati cepatnya internet di jaringan 4G karena yang didapat hanya jaringan 2G/3G/H+. Lalu bagaimana kalau ketiga syarat 4G sudah terpenuhi tapi jaringan masih di 3G/H+? Pastinya butuh sedikit setting lagi. Kalau kalian (pengguna android) sedang mengalaminya, cobalah setting seperti yang biasa saya lakukan berikut ini.

Ubah setelan tipe jaringan prioritas

Setiap hp pasti ada setelan untuk pilihan jaringan prioritas. Apakah 2G saja, 3G/WCDMA atau 4G/LTE. Untuk pengguna android pastilah sama. Misalnya di hp Xiaomi coba buka Setelan, Jaringan seluler, pilih SIM1 atau SIM2, Tipe jaringan prioritas, kemudian pilih Prioritas LTE untuk mengatur hp agar mendapat jaringan 4G. Kalau dari operator yang kalian pakai jaringan 4G lebih kuat dari jaringan 3G pasti hp akan mendapat 4G.

Menggunakan kode *#*#4636#*#*

Kalau melalui Setelan belum mempan, tidak ada salahnya kalian coba menggunakan kode ini. Layaknya mengecek pulsa kalian ketik *#*#4636#*#*. Nanti akan muncul beberapa pilihan. Pilih Informasi telepon1 untuk mengubah tipe jaringan SIM1, pilih Informasi telepon2 untuk mengubah tipe jaringan SIM2. Geser ke bawah sampai terlihat Setel jenis jaringan yang disukai. Pada kotak di bawahnya pilih LTE only.

mengunci jaringan 4G dengan kode *#*#4636#*#* di android
pengaturan di *#*#4636#*#*

Cara ini akan mengunci tipe jaringan 4G pada hp. Kekurangannya sinyal hanya akan muncul ketika ada jaringan 4G dan akan hilang ketika tak ada jaringan 4G sama sekali, tidak bisa otomatis pindah ke 2G atau 3G/H+. Saat ini, ketika hp disetting ke LTE only nomor kalian hanya bisa digunakan untuk internet, tidak bisa untuk telepon dan SMS. Kalau mau telepon atau SMS ubah dulu ke pilihan yang ada GSM/WCDMA-nya.

Pada beberapa tipe hp Xiaomi seperti Redmi 3, Redmi 3 Pro kadang di bawah Setel jenis jaringan yang disukai tidak ada pilihan ini. Setahu saya pada kedua ponsel ini pilihan jaringan hanya muncul di MIUI 7. Sedangkan MIUI 8.0.2.0, MIUI 8.1.3.0 dan MIUI 8.5.2.0 tidak muncul lagi. Untuk memunculkannya perlu cabut kartu kemudian ketik kode tersebut. Ribet, mendingan lakukan UBL seperti yang sudah saya tulis di Perjuangan Unlock Bootloader dan Pasang TWRP Redmi 3 Pro di Warnet kemudian instal fix 4G, nantinya pilihan-pilihan itu akan muncul.

Ubah mode jaringan menjadi manual

Mengubah mode jaringan menjadi manual adalah pilihan yang tepat bagi kalian yang sudah memilih Prioritas LTE dan masih mentok di 3G/H+, namun enggan menggunakan kode *#*#4636#*#*. Caranya matikan data/internet terlebih dahulu. Kemudian masuk ke Setelan, Jaringan seluler, SIM1 atau SIM2, Jaringan seluler. Tunggu hingga muncul daftar jaringan dari beberapa operator seluler.

Pilih 4G sesuai dengan provider yang kalian gunakan. INDOSATOOREDOO 4G untuk kartu IM3 dan Mentari, IND TELKOMSEL 4G untuk Simpati, kartu AS dan LOOP, XL 4G untuk kartu XL dan Axis, 3 4G untuk kartu 3. Setelah itu coba nyalakan kembali internet, seharusnya sekarang sudah mendapat jaringan 4G.

Itulah 3 cara yang sering saya lakukan untuk mendapat jaringan 4G. Sejauh ini selalu berhasil untuk mengatasi keluhan teman-teman saya yang hpnya sudah 4G tapi jaringan masih mentok di 3G. Kalau kalian sendiri bagaimana mengatasinya? Mungkin punya cara lain? Boleh dong di-share di sini, di kotak komentar di bawah ini 😀

Tentang Marjono 47 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*