Rute dan Harga Tiket Jembangan Wisata Alam Kebumen

Jembangan Wisata Alam, salah satu obyek wisata yang patut dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, sahabat dan orang tersayang. Terletak di desa Jembangan, kecamatan Poncowarno, bagian timur laut kabupaten Kebumen. Dari pusat kota Kebumen hanya berjarak ±20 km ke arah timur dengan waktu tempuh perjalanan ±40 menit.

Kemarin sore secara tiba-tiba saya ingin sekali mengunjungi tempat wisata itu. Tanpa persiapan dan perencanaan sebelumnya, sekitar pukul 14.30 berangkatlah saya ke Jembangan Wisata Alam yang letaknya masih satu kabupaten dengan tempat tinggal saya. Kondisi aspal yang mulus membuat perjalanan saya lancar tanpa ada hambatan sedikitpun. Sekitar pukul 15.00 saya sudah sampai di sana. Kesan yang saya peroleh setelah menghabiskan beberapa waktu di sana adalah Jembangan Wisata Alam cocok untuk kalian yang suka berfoto, nongkrong bersama teman-teman, sedang PDKT atau pacaran, keluarga yang memiliki anak kecil dan kalian yang ingin merefresh pikiran.

Nah, pada artikel ini saya ingin memberi sedikit informasi tentang Jembangan Wisata Alam (JWA). Semoga nantinya informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian yang baru (akan) berkunjung ke sana untuk pertama kali, khususnya bagi yang berasal dari luar kota Kebumen. Informasi yang saya tuliskan bersumber dari hasil tanya jawab saya dengan beberapa petugas dan pedagang di sana.

jembangan wisata alam poncowarno kebumen
Jembangan Wisata Alam

Rute

Kalian yang ingin berkunjung ke Jembangan Wisata Alam sebaiknya gunakan kendaraan pribadi, entah itu motor atau mobil. Sebab hingga tulisan ini dibuat belum ada angkutan umum yang menjangkau lokasi wisata tersebut.

Untuk rutenya, kalian yang dari arah barat, dari kota Kebumen lurus ke timur arah purworejo. Sesampai di pertigaan pasar Kutowinangun yang ada tugunya kalian belok kiri, sampai di kantor camat Kutowinangun belok kanan ke arah RS. PKU Muhammadiyah Kutowinangun. Di perempatan RS. PKU Muhammadiyah Kutowinangun belok kiri. Kemudian ikuti terus jalan itu, nanti di setiap persimpangan ada petunjuk arah menuju JWA.

Sedangkan kalian yang dari arah timur, dari Kutoarjo terus ke barat hingga Prembun. Di lampu merah setelah terminal Prembun belok kanan menuju Jl. Raya Wadaslintang. Teruslah berkendara, jika ada persimpangan selalu ambil arah ke Wonosobo. Di pertigaan setelah SDN 2 Balingasal (letak SD di kiri jalan) belok kiri ke arah bendungan Pejengkolan. Ikuti jalan hingga menyebrangi jembatan di atas bendungan kemudian belok kiri melewati jalan di samping sungai. Di sini jalanan masih tanah bebatuan, hanya beberapa ratus meter kemudian beraspal lagi. Saran saya di jalan tanah bebatuan ini jangan memanfaatkan GPS hp, sebab pengalaman saya kemarin, yang seharusnya ambil kanan malah diarahkan ambil kiri. Lokasi sudah dekat, ikuti terus petunjuk arah menuju Jembangan Wisata Alam yang ada. Oiya, rute ini hanya bisa dilewati motor dan mobil pribadi, kalau rombangan naik bus besar bisa lewat rute Kutowinangun.

Baca Juga:  Wuwu, Alat Tangkap Ikan Tradisional yang Masih Banyak Dicari

Harga Tiket

tiket masuk jembangan wisata alam poncowarno kebumen
Tiket masuk dan karcis parkir JWA

Tiket masuk pintu utama Jembangan Wisata Alam terbilang murah, hanya Rp. 4.000,- per orang berlaku untuk usia 3 tahun ke atas. Karcis parkir juga dibayar di pintu utama bersamaan dengan pembayaran tiket masuk. Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 3.000,- untuk mobil. Tak ada perbedaan, harga tiket masuk dan karcis parkir kendaraan selalu sama baik hari biasa maupun hari libur.

Ada berbagai wahana di dalam Jembangan Wisata Alam. Agar bisa menikmatinya kalian harus kembali merogoh kocek untuk membayar tiket masuk setiap wahana. Jangan khawatir, harga tiket cukup murah kok. Adapun harga tiket masing-masing wahana tersebut di antaranya:

  • Gazebo & tempat bermain anak Rp. 5000,-
  • Perahu naga ±30 menit Rp. 15.000,-
  • Sepeda air ±20 menit Rp. 15.000,-
  • Kolam renang: anak-anak Rp. 5.000,- dewasa Rp. 10.000,- menunggu/menjaga anak Rp. 3.000,-
  • Kebun binatang Rp. 10.000,-

Jam Buka

Menurut penjaga pintu utama, Jembangan Wisata Alam buka sejak pukul 07.30 hingga pukul 17.00. Sedangkan untuk resto apung Jembangan View buka sejak pagi hingga malam sekitar pukul 21.30.

Baca Juga:  Sakit Gigi? Berobat dengan BPJS Kesehatan Juga Bisa Kok

Pedagang makanan dan minuman

Kalian yang enggan membawa bekal dari rumah tak perlu khawatir. Di Jembangan Wisata Alam banyak kios-kios penjual makanan ringan dan minuman, ada juga rumah makan padang di sana. Selain itu, di tepian telaga ada juga resto apung Jembangan View yang menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Berbicara soal resto apung Jembangan View memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Terbukti banyak yang berfoto ria di resto tersebut dengan background air telaga yang dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan hutan di seberang sana. Hal ini membuat waktu menunggu pesanan datang menjadi tak terasa dan lebih mengasyikkan.

Foto-foto

Untuk yang penasaran dengan foto-foto wahana yang ada di Jembangan Wisata Alam, kalian bisa melihatnya di postingan instagram saya. Tapi mohon maaf, karena kemarin sudah sore, mendung dan sempat terkena hujan saya tidak banyak ambil foto. Yuk di cek foto-fotonya di akun instagram saya @joncekrek.

Tips buat kalian yang akan berwisata ke JWA. Kalau maksud kalian untuk menambah koleksi foto sebaiknya datang ke sana di hari biasa. Dijamin (saat ini) kalian bisa berfoto seorang diri di wahana yang kalian mau, sebab hari biasa tak seramai hari libur. Tapi kalau niat kalian memang mencari keramaian sebaiknya datang di hari sabtu, minggu dan hari libur nasional lainnya.

Tentang Marjono 47 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*