Rekening Payroll Astra Tetap Aktif Meski Sudah Lama tak Bekerja di Astra

permata tabungan payroll astra
Sumber: https://youtu.be/z_VYPS6glG4

Karyawan dan mantan karyawan perusahaan-perusahaan Astra Group tentu tak asing lagi dengan Tabungan Payroll Astra dari Permata Bank. Ya, ini adalah salah satu jenis rekening tabungan yang dikhususkan bagi karyawan sebagian besar perusahaan Astra Group untuk menerima upah/gaji setiap bulannya. Rekening yang bisa membuat pemiliknya tersenyum lebar setiap mengecek saldo tabungan usai tanggal gajian 😀

Biasanya rekening Permata Tabungan Payroll Astra dibuat secara massal ketika para calon karyawan baru sudah dinyatakan lolos seleksi dan akan mulai bekerja. Tak perlu repot menyiapkan sejumlah uang sebab tidak ada setoran awal untuk membuat rekening jenis ini. Jadi, bisa dibilang setoran awal adalah gaji pertama yang masuk ke rekening tersebut.

Seperti tabungan jenis lain, Permata Tabungan Payroll Astra juga difasilitasi dengan kartu ATM (kartu debit) berlogo Visa. Tapi sayangnya tabungan ini tidak dilengkapi dengan buku tabungan sebagai pencatat keluar masuknya uang. Untuk history 8 transaksi terakhir, pemilik rekening bisa mencetaknya melalui mesin ATM. Selain itu, rekap seluruh transaksi perbulan juga akan dikirim melalui email jika alamat email pemilik rekening sudah terdaftar Permata Bank e-Statement.

Guna mempermudah nasabah dalam setiap transaksi, Permata Bank juga melengkapi Tabungan Payroll Astra dengan fasilitas internet banking (PermataNet), Permata Mobile dan SMS banking. Pemilik rekening bisa mendaftar atau mengaktifkan fitur-fitur tersebut melalui mesin ATM Permata. Setelah aktivasi berhasil, ketiganya sudah bisa langsung digunakan untuk transaksi non finansial (seperti: cek saldo, cek mutasi rekening, dll) maupun transaksi finansial (seperti: transfer, pembayaraan tagihan, dll). Tak perlu alat token khusus untuk setiap transaksi finansial yang dilakukan karena token akan dikirim melalui SMS ke nomor ponsel terdaftar.

Rekening tetap aktif meski tak digaji Astra lagi

Kebetulan saya adalah salah seorang mantan karyawan (kontrak) PT. Astra Honda Motor yang penggajiannya pun menggunakan Permata Tabungan Payroll Astra. Habis kontrak pada tahun 2013 dan rekeningnya masih aktif dipakai hingga sekarang. Padahal di akhir tahun 2011, ketika akan memperbarui kontrak, rekening tersebut sempat diragukan oleh HRD apakah masih aktif atau tidak. Saya meyakinkan kalau rekening masih aktif dengan memberikan struk transaksi yang dilakukan beberapa hari sebelumnya. Bukti struk diterima HRD, saya bisa lanjut tanda tangan kontrak dan siap menerima gaji dengan rekening yang sama tanpa harus membuat rekening baru lagi.

Sejak habis kontrak pertengahan 2013, rekening Payroll Astra saya masih aktif hingga sekarang. Sebab meski sudah tak menerima gaji dari perusahaan Astra Group, setiap bulannya masih ada transaksi di rekening tersebut. Ya walaupun sekedar transaksi isi pulsa hp dan bayar tagihan listrik 😀 Rekening ini sekarang juga saya gunakan untuk menerima pendapatan dari mbah Google hasil coba-coba berbisnis online.

Baca Juga:  Ceritaku Menukar Kartu ATM BRI Lama dengan Kartu GPN

Jadi intinya, selama di rekening masih ada transaksi maka Permata Tabungan Payroll Astra akan tetap aktif meskipun sudah lama tak bekerja di Astra lagi. Menurut Syarat & Ketentuan yang saya baca di https://www.permatabank.com/, rekening akan berstatus tidak aktif (dormant) jika tidak ada transaksi perbankan dalam jangka waktu 365 hari (1 tahun). Kemudian akan dibekukan jika rekening berstatus dormant selama 1.460 hari (4 tahun).

Saat ini letak cabang Permata Bank terdekat dari Kebumen adalah di Purwokerto, Magelang dan Yogyakarta. Semua lumayan jauh, ±2 jam perjalanan motor untuk menjangkaunya. Bahkan yang lebih memprihatinkan adalah mesin ATM Permata di kabupaten tempat tinggal saya ini belum ada sama sekali 😥

Kenapa masih dipertahankan?

Letak kantor cabang Permata Bank jauh, di sekitar tempat tinggal tidak ada satupun mesin ATM Permata, tapi kenapa masih dipertahankan? Hmmm… di samping keterbatasan itu, rupanya saya masih nyaman dengan banyaknya kelebihan Tabungan Payroll Astra sehingga masih saya pertahankan. Kira-kira kelebihan apa saja yang berhasil membuat saya nyaman selama ini? Berikut saya tuliskan:

  • gratis biaya admin rekening bulanan (tapi ada biaya admin bulanan kartu sebesar Rp. 5.000,-),
  • gratis biaya tarik tunai di ATM bank lain,
  • mudah bertransaksi via PermataNet, Permata Mobile dan SMS banking,
  • saldo minimum Rp. 0,- alias bisa dikuras habis pas lagi butuh-butuhnya,
  • kartu ATM merupakan PermataDebit Online berlogo Visa yang langsung bisa digunakan untuk belanja online di situs atau merchant online.
Baca Juga:  Ternyata Membuat Rekening Baru BRI Simpedes itu Gampang

Bisa untuk verifikasi Paypal

Verifikasi paypal dengan kartu debit dari permata bank
Paypal Terverifikasi

Awal pertama memiliki akun Paypal saya memverifikasi akun dengan VCC dari Neteller (Net+ Virtual Card). Saya masih merasa kurang puas, ingin rasanya mencoba verifikasi dengan kartu asli. Namun keinginan itu lama tak terlaksana karena saya masih ragu untuk membuat kartu kredit kalau hanya untuk keperluan seperti ini. Meskipun butuh, saya juga selalu menolak setiap kali ada CS dari Permata Bank menghubungi via telepon menawarkan fasilitas kartu kredit khusus untuk karyawan Astra.

Hingga akhirnya muncullah PermataDebit Online yang kemudian bisa saya pakai untuk memverifikasi Paypal menggantikan VCC dari Neteller itu. Senang rasanya karena hanya dalam waktu kurang dari 3 hari Paypal saya berstatus terverifikasi dengan kartu ATM Permata Bank. Saya jadi tidak was-was kalau ada orang iseng dengan akun Paypal saya karena saldo yang saya sisakan di rekening Payroll Astra hanya sedikit.

Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaran kawan-kawan yang juga pemilik rekening Permata Tabungan Payroll Astra. Oiya… beberapa waktu lalu ketika mengganti kartu ATM, status saya yang sudah bukan merupakan karyawan PT. Astra Honda Motor tidak dipermasalahkan oleh CS Permata Bank di salah satu kantor cabang di Cikarang. Entah besok penggantian kartu ATM berikutnya akan dipermasalahkan atau tidak, mengingat penggantian kartu akan saya lakukan di daerah Purwokerto, Magelang atau Yogyakarta.

Tentang Marjono 47 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

2 Comments

  1. Apakah rekening payrol astra ketika tidak menerima gaji dari perusahaan astra lagi misalkan habis kontrak akan tetap jenis y tabungan payrol astra dan tidak berubah? Kebetulan saya punya cm karena tidak dipakai sama sekali tabungan saya berubah menjadi tabungan bebas permata..

    • Punya saya masih jenis payrol astra. Saya beberapa kali nanya ke CS Permata Bank (via telpon) katanya tetap payrol astra gak berubah biarpun sudah tidak kerja di sana lagi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*