Pertama ke Yogyakarta Naik Kereta, Beli Tiket Prameks Secara Online

Setelah puluhan tahun hidup di atas muka bumi Indonesia bagian Kebumen, akhirnya Senin pagi kemarin, 25 November 2019, saya merasakan nyamannya naik kereta api Prambanan Ekspres atau yang biasa disingkat Prameks. Saya naik dari stasiun Kutoarjo menuju stasiun Maguwo, Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan yang pertama. Saya harus beranjak dari rumah (Bonorowo, Kebumen) cukup pagi karena kereta akan diberangkatkan dari stasiun Kutoarjo tepat pukul 06.00.

Cukup bingung dan gugup dalam mempersiapkan perjalanan bersama kereta api Prameks untuk kali pertama ini. Di otak saya muncul berjubel pertanyaan bagaimana cara memesan tiket, bagaimana cara check in, apakah gerbong ditentukan atau bebas, hingga berpikir bagaimana aturan/cara keluar dari stasiun setelah nanti kereta tiba di stasiun tujuan. Katrok? Bisa dibilang begitu. Maklumlah, bertahun-tahun merantau saya selalu naik bus dan sepeda motor untuk transportasinya.

Beruntung saat ini tiket kereta api Prameks sudah bisa dibeli secara online sejak H-7 keberangkatan. Informasi ini saya peroleh dari sahabat yang kebetulan kerja di KAI Yogyakarta, ditambah dari berita-berita yang beredar di internet sejak beberapa bulan yang lalu. Saya jadi lebih tenang karena bisa memesan tiket dari rumah sebelum hari H. Sebenarnya membeli tiket Prameks beberapa saat sebelum jam keberangkatan pun bisa. Tapi malas kalau banyak yang mengantri, terlebih saya takut kehabisan tiket.

Cara membeli tiket kereta api lokal secara online

Membeli tiket kereta api lokal secara online bisa dilakukan melalui KAI Access, aplikasi resmi dari PT. Kereta Api Indonesia. Aplikasi ini tersedia untuk ponsel bersistem operasi android dan iOS. Sebelum membeli, pastikan kamu sudah mempunyai akun LinkAja yang terisi saldo. Sebab saat artikel ini dibuat, pembayaran baru bisa menggunakan LinkAja.

Hasil pencarian tiket perjalanan kereta api Kutoarjo-Yogyakarta

Tidak hanya tiket Prameks, KAI Access juga menyediakan tiket kereta api lokal lainnya seperti kereta Bandara YIA, Solo Ekspres, KRD, Walahar Ekspres, Bandung Raya Ekonomi, Cibatuan, Cut Meutia, Seminung, Way Umpu dan masih banyak lainnya. Selain itu, KAI Access juga juga melayani pembelian tiket kereta api antar kota. Kamu bisa langsung mengecek jadwal, harga, ketersediaan tiket dan membelinya di dalam aplikasi. Berikut ini cara membelinya (tutorial saya buat menggunakan KAI Access android):

  1. Buka aplikasi KAI Access. Buat akun terlebih dahulu dengan cara klik Akun, Daftar. Lengkapi data yang diminta, kemudian klik Daftar. Pembuatan akun memerlukan nomor KTP, nomor HP aktif dan alamat email. Bagi yang sudah memiliki akun silahkan langsung ke langkah kedua.
  2. Pada tab Beranda pilih KA Lokal. Tentukan stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Jika semua sudah terisi dengan benar klik Cari. Akan muncul daftar tiket kereta api yang masih tersedia.
  3. Pilih dan tekan jadwal keberangkatan yang diinginkan. Pada Ringkasan Pemesanan tekan Lanjutkan. Pada pop-up yang muncul tekan Ya jika data pada Ringkasan Pemesanan sudah benar.
  4. Di Rincian Pemesanan beri centang pada persetujuan Syarat dan Ketentuan. Lalu klik Bayar Sekarang.
  5. Akan masuk ke halaman Metode Pembayaran. Di situ baru tersedia metode pembayaran dengan LinkAja. Klik LinkAja. Lakukan hingga pembayaran berhasil dilakukan.
  6. Tiket yang berhasil kamu beli bisa dilihat pada tab Tiket.

Ternyata di tiket kereta api Prameks tak tertera nomor kursi, semua penumpang bisa duduk bebas. Penumpang pun dipersilahkan memilih mau masuk gerbong depan atau belakang. Hahaha… saya jadi menertawakan diri sendiri yang baru tahu semua ini di usia saya yang sudah berkepala 2.

Cara menggunakan tiket kereta di aplikasi KAI Access

Tiket kereta api yang dibeli melalui KAI Access tidak perlu dicetak. Pada saat check in kamu cukup menunjukkan Boarding Pass yang ada di dalam aplikasi kepada petugas. Petugas akan melakukan scan barcode yang ada pada Boarding Pass tersebut. Boarding Pass bisa dilihat dengan cara membuka aplikasi KAI Access, Tiket, KA Lokal, Kode Pemesanan sesuai jadwal, Tampilkan E-tiket.

E-tiket kereta api Prameks di aplikasi KAI Access. Jadwal perjalanan sudah berubah per 01/12/2019.
Saya harus membeli tiket perjalanan baru karena e-tiket tanggal 25/11/2019 tidak bisa dilihat lagi karena sudah lewat tanggal. Jadi maklum kalau tujuannya cuma Yogyakarta, bukan stasiun Maguwo seperti yang saya sebutkan di awal.

Usahakan selama di dalam kereta ponsel kamu tidak kehabisan daya. Ngeri juga kalau ponsel mati di tengah perjalanan. Sebab selain digunakan saat check in, E-tiket/Boarding Pass juga akan diperiksa kembali oleh petugas di dalam kereta. Kamu gak mau kan diturunkan di stasiun terdekat gara-gara tidak bisa menunjukkan tiket yang sudah kamu beli?

Rupanya melakukan perjalanan menggunakan kereta api sangat menyenangkan. Harga tiket yang lebih murah, perjalanan yang bebas macet dan kenyamanan di dalamnya membuat saya ketagihan untuk kembali menggunakannya. Ya! Suatu saat saya pasti menggunakannya lagi. Harapan saya akan ada kereta api lokal tujuan Yogyakarta dan Solo yang berangkat dari stasiun Prembun. Biar lebih dekat dari rumah 😀

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*