Perjuangan Unlock Bootloader dan Pasang TWRP Redmi 3 Pro di Warnet

Memiliki hp xiaomi redmi 3 pro bergaransi resmi membuat saya tidak bisa bebas menggunakan jaringan 4G. Meski spesifikasinya sudah 4G tapi karena terhalang oleh aturan TKDN membuat hp ini masuk ke Indonesia dengan jaringan yang mentok di 3G. Terpaksa jika ingin menggunakan 4G kita harus mengopreknya.

Di tahun pertama saya tidak berani mengoprek redmi 3 pro yang saya pegang karena masih dalam masa garansi. Mengoprek sama dengan garansi hilang. Cari aman, untuk membuka jaringan 4G saya memakai kode *#*#4636#*#*. Kekurangannya hanya bisa dilakukan di MIUI 8.0.2.0 ke bawah. Sedangkan untuk MIUI 8.5.2.0 kode tersebut sudah tidak mempan. Ditambah lagi harus buka pasang kartu saat menggunakan kode itu dan setiap reboot jaringan kembali mentok 3G.

Bosan dengan ritual buka pasang kartu, akhirnya saya putuskan untuk mengoprek hp itu. Salah satu cara agar pilihan jaringan 4G/LTE muncul di redmi 3 pro adalah dengan menginstal file fix 4G atau yang biasa disebut dengan jamu 4G. Bukan seperti instal aplikasi biasa, instalnya harus melalui recovery. Sedangkan redmi 3 pro belum ada recovery bawaan, jadi harus pasang recovery sendiri. Untuk memasang recovery status hp harus sudah unlock bootloader.

Unlock bootloader (UBL) dan instal recovery dilakukan dengan pc/laptop. Saat ini baru bisa menggunakan pc/laptop ber-OS Windows baik 32 bit maupun 64 bit. Karena laptop saya hanya terpasang sitem operasi Linux Mint, saya harus melakukannya di warnet. Tadinya saya mau menggunakan jasa konter hp untuk unlock bootloader, pasang TWRP recovery dan fix 4G. Berhubung tarifnya dipatok cukup mahal (250ribu) saya memilih mengoprek sendiri.

Agar bisa melakukan unlock bootloader kita harus mendapat ijin dari Xiaomi. Cara meminta ijinnya dengan masuk ke http://en.miui.com/unlock/ kemudian klik Unlock Now. Lalu masuk menggunakan Mi Akun yang sama dengan Mi Akun pada hp yang akan di unlock. Masukkan nama dan nomor hp yang masih aktif. Pada kolom Please input your unlocking reason isi dengan alasan kenapa kita ingin meng-unlock bootloader. Misalnya saya isi dengan “i want to install custom rom on my device” Entah benar atau salah grammar dan tata bahasa dalam alasan yang saya tulis, yang jelas kurang dari 2 hari saya sudah mendapat sms yang isinya “You’ve been granted the permission to unlock your device………..”

3 hari terhitung sejak mendapat sms saya pergi ke warnet. Sebelumnya, di hp sudah saya download Mi Flash Unlock melalui http://en.miui.com/unlock/ dan TWRP recovery dari searching di google. Jadi di warnet tinggal lakukan unlock bootloader dan pasang TWRP. Tapi berkali-kali saya mulai proses unlock bootloader berkali-kali pula proses itu gagal dengan keterangan Current account is not bound to this device. In the “Settings →developer options →Mi Unlock states” binding account and equipment.

Saya cari yang dimaksud dengan mengaktifkan developer option tetapi tidak ada pilihan Mi Unlock states (Status Mi Unlock). Baca-baca di forum katanya disuruh menunggu sekitar 7-10 hari sejak mendapat sms baru bisa unlock. 8 hari setelahnya, saya kembali ke warnet dan coba lagi meng-unlock bootloader redmi 3 pro ini. Tapi lagi-lagi sama seperti sebelumnya, saya harus pulang tanpa hasil untuk kedua kali.

Baca Juga:  Menginstal LineageOS Android Nougat di Xiaomi Redmi 3 Pro

Malam harinya saya berfikir apa mungkin versi MIUI harus yang terbaru agar unlock bootloader berhasil? Sekitar jam 9 malam saya lakukan upgrade versi MIUI dari 8.0.2.0 ke 8.5.2.0. Setelah ter-upgrade saya aktifkan developer option dengan cara masuk ke Tentang ponsel dan memencet Versi MIUI beberapa kali. Ternyata benar, MIUI 8.5.2.0 di developer option ada Status Mi Unlock. Di Status Mi Unlock klik Tambah akun dan perangkat lalu masukkan username dan password mi akun kita.

mi unlock status Xiaomi Redmi
Mi Unlock States

Esok harinya saya pergi ke warnet lagi. Untuk ketiga kalinya unlock bootloader gagal lagi. Tapi keterangannya sudah ganti menjadi Couldn’t unlock. After 61 hours of trying to unlock the devices. Rupanya proses unlock bootloader akan berhasil jika proses dilakukan setelah 3 hari sejak menambah akun di Status Mi Unlock. Jadi harap bersabar, kita harus menunggu 72 jam.

72 jam telah berlalu, saya kembali ke warnet untuk melanjutkan perjuangan unlock bootloader xiaomi redmi 3 pro. Akhirnya tanpa kendala bootloader hp saya berhasil terbuka. Senang rasanya, kini saya bebas mengoprek sesuka hati. Begitu selesai unlock bootloader saya lanjutkan memasang TWRP recovery.

Baca Juga:  Jaringan 4G Xiaomi Redmi 3 Pro Aman dengan LineageOS Android Nougat

Jika proses lancar, untuk unlock bootloader dan pasang TWRP recovery hanya butuh waktu kurang dari 30 menit. Dihitung-hitung saya hanya menghabiskan uang 12 ribu rupiah untuk bayar warnet. Lebih hemat 238 ribu rupiah dibanding unlock bootloader menggunakan jasa konter (di daerah saya).

Inilah cerita perjuangan unlock bootloader (UBL) dan pasang TWRP redmi 3 pro saya di warnet. Mohon maaf, di sini saya sengaja tidak menulis tutorial lengkap karena sudah banyak artikel yang membahas mengenai cara unlock bootloader. Saya lebih ingin berbagi tentang masalah yang saya hadapi selama proses unlock dimulai hingga berhasil.

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*