Perbedaan Kartu Member MyPoin Indomaret dengan e-money Indomaret Card

Setelah membeli MyPoin di Indomaret beberapa waktu yang lalu, secara resmi saat ini saya memiliki 2 kartu member Indomaret. Yang pertama adalah kartu e-money Indomaret card yang diterbitkan oleh bank Mandiri dan yang kedua adalah yang terbaru ini, kartu MyPoin Indomaret. Sayang, ketika artikel ini saya buat kedua kartu belum bisa dihubungkan untuk menikmati keuntungan lebihnya.

Meski sama-sama kartu member Indomaret, MyPoin dan e-money Indomaret card memiliki beberapa perbedaan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kira-kira perbedaan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya?

Perbedaan kartu member MyPoin Indomaret dengan e-money Indomaret card
E-money Indomaret Card dan MyPoin Indomaret

Perbedaan MyPoin dengan e-money Indomaret card

Harga Kartu

E-money Indomaret card, untuk memilikinya saya harus membayar total 75.000 rupiah. Dengan perincian harga kartu e-money Indomaret card sebesar 25.000 rupiah dan top up saldo untuk pertama kali senilai minimal 50.000 rupiah.

MyPoin Indomaret bisa didapat dengan harga yang cukup murah, yaitu 2.500 rupiah saja. Itupun akan dikembalikan lagi setelah registrasi/aktivasi kartu MyPoin berhasil. Pengembaliannya dalam bentuk i-kupon senilai 2.500 rupiah yang valid sampai 1 minggu sejak aktivasi MyPoin. Sehingga bisa dibilang kartu MyPoin Indomaret itu gratis.

Top up saldo

E-money Indomaret card bisa diisi ulang melalui mesin ATM Mandiri berlogo e-money, kantor cabang bank Mandiri atau merchant retail yang telah bekerja sama (tentu salah satunya di Indomaret). Saldo yang ada di dalam e-money Indomaret card bisa digunakan untuk membayar total belanjaan kita. Sesuai ketentuan dari Bank Indonesia, saldo yang tersimpan di dalam e-money dibatasi maksimal 1.000.000 rupiah saja.

Baca Juga:  Cara Aktivasi dan Keuntungan Memiliki Kartu MyPoin Indomaret

Berbeda dengan e-money Indomaret card, kartu MyPoin Indomaret tidak dapat diisi ulang. Jadi ketika belanja menggunakan MyPoin kita harus bayar dengan uang cash atau bisa juga dengan kartu debit, kartu kredit atau saldo dari e-money Indomaret card.

Poin dan STAMP

Selama menggunakan e-money Indomaret card saya belum pernah mendapat poin, entah itu poin undian atau poin jenis lainnya. Padahal, konon katanya setiap pelanggan yang belanja menggunakan e-money Indomaret card dengan total pembayaran tertentu akan mendapat poin. Cari informasi kesana kemari katanya harus update data/email dulu, baru akan dapat poin setiap belanja. Update data/email Indomaret card hanya bisa dilakukan melalui kasir. Tapi nyatanya beberapa kali minta update data/email ke kasir jawabannya selalu sama, tidak bisa. Alhasil selama memiliki e-money Indomaret card saya tidak bisa merasakan keuntungan apapun selain kemudahan belanja tanpa membawa uang cash.

Sedangkan kartu member MyPoin Indomaret memberi keuntungan yang jelas dan nyata. Setiap 200 rupiah yang kita belanjakan akan diberi imbalan 1 poin, berlaku kelipatan. Jadi, misal total belanjaan 20.000 rupiah, kita akan memperoleh poin sebanyak 100 poin. Nantinya poin-poin yang terkumpul bisa kita gunakan sebagai potongan belanja di Indomaret. Selain itu, MyPoin juga berfungsi untuk mengumpulkan STAMP dari produk-produk tertentu yang sedang promo. Jumlah poin dan STAMP yang terkumpul bisa kita cek di https://mypoin.id setelah log in.

Baca Juga:  Kini Cara Membuat MyPoin Indomaret Semakin Mudah dan Gratis

Penggunaan di merchant lain

E-money Indomaret card adalah kartu terbitan bank Mandiri. Sama seperti kartu uang elektronik Mandiri lainnya, kartu ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant. E-money Indomaret card bisa digunakan untuk membayar tol, bus Transjakarta (busway), Trans Jogja, Batik Solo Trans, Commuterline Jabodetabek, Railink Medan, bayar parkir (area tertentu), BBM di SPBU Pertamina berlogo mandiri e-money. Belanja di berbagai merchant juga bisa dibayar dengan e-money Indomaret card, seperti di Alfamart, Alfamidi, Hypermart, Superindo dan merchant lain yang menerima pembayaran dengan e-money Mandiri.

Lain e-money Indomaret card, lain pula MyPoin Indomaret. MyPoin tidak bisa digunakan untuk membayar di merchant lain. Sudah jelas. Jangankan di tempat lain, di Indomaret saja kartu ini hanya sebagai pengumpul poin dan STAMP, tidak bisa untuk membayar karena memang tidak bisa di-top up.

Baca juga: Cara Aktivasi dan Keuntungan Memiliki Kartu MyPoin Indomaret

*****

Sejauh ini baru itu yang saya ketahui tentang perbedaan kartu member MyPoin Indomaret dengan e-money Indomaret card. Mungkin kalian ada yang mau menambahkan perbedaan lain yang belum saya sebutkan di atas? Silahkan tulis di kolom komentar, nanti akan saya update artikel ini 😀

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

4 Comments

    • Bisa, saya juga gak punya tabungan mandiri bisa bikin emoney indomaret card. Untuk top up saldo nanti bisa dilakukan di kasir indomaret.

  1. Berarti masih selangkah lebih maju al**mart dengan kartu brizzi pontanya.sudah mencakup semua fitur kartu brizzi BRI dan sebagai kartu member yang bisa digunakan untuk mengumpulkan poin.saat pertama beli langsung diaktifkan oleh kasirnya,jadi tidak perlu dua kartu.sama poinnya bisa digunakan untuk bayar belanjaan juga.biasanya saya belanja dengan bayar cash,kalau ada nominal yang tanggung misalnya 90.200, yang dua ratusnya bisa bayar pakai saldo yang ada di kartu brizzi ponta(saldo diambil dari poin ponta,bukan dari saldo brizzi saya)

    • Menurut saya juga begitu mas. Setahu saya di Indomaret yang sudah langsung terhubung dengan MyPoin baru i.saku. Jadi kalau kita bayar pakai i.saku otomatis poin di MyPoin akan bertambah. Maaf slowres karena kesibukan di dunia nyata 😀

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*