Pengalaman Perpanjang SIM C Sendiri. Mudah, Murah dan Cepat!

Akhir Maret kemarin, saya memperpanjang SIM C di Satlantas Polres Kebumen bareng kakak. Kebetulan tanggal lahir kami hanya berbeda 6 hari. Jadi masa berlaku SIM C kami juga beda 6 hari saja karena masa berlakunya sesuai tanggal lahir.

Berangkat dari rumah pukul 7.30 dengan berboncengan motor. Hanya butuh waktu 30 menit perjalanan untuk kami sampai di Asrama Polisi Kebumen. Loh kok ke Asrama Polisi bukan ke Satlantas? Iya! Kami ke Asrama Polisi untuk melakukan tes kesehatan sebagai salah satu syarat perpanjang SIM.

Baru ada beberapa antrian saat kami sampai di sana sehingga kami cepat dilayani. Hanya dengan menunjukkan KTP asli, kami di cek berat badan, tinggi badan dan tes buta warna. Baik pemohon SIM baru maupun perpanjang dikenakan biaya sebesar 40.000 rupiah untuk tes ini.

Setelah mendapat surat keterangan sehat, kami harus membuat persyaratan yang kedua sebelum menuju ke Satlantas. Persyaratan tersebut adalah lolos psikotes. Persyaratan ini baru diberlakukan di Kebumen mulai awal Maret 2020. Tujuannya adalah untuk melengkapi kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan penyesuaian diri, stabilitas emosi dan ketahanan kerja.

Tempat pelaksanaan psikotes berada di Jl. HM Sarbini, tepatnya di samping timur gedung Tulus. Untuk mengikuti tes ini, pemohon SIM harus memberikan selembar fotokopi SIM atau KTP dan membayar biaya 50.000 rupiah. Jika hasil psikotesnya TIDAK MENGULANG maka bisa lanjut ke Satlantas. Bagi yang hasilnya MENGULANG, pemohon bisa mengulangi psikotes 3 hari berikutnya setelah tes tanpa membayar lagi selama blanko masih berlaku yaitu 1 bulan.

Tak usah takut mengikuti tes ini! Soal psikotes cuma 30 soal dan kita cukup menjawab Ya atau Tidak. Sepertinya tidak ada batas waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Bagi yang mengalami keterbatasan dalam membaca bisa meminta tolong ke petugas agar dibacakan soal, pemohon tinggal menjawab Ya atau Tidak (berdasar yang saya lihat kemarin). Pulpen pun sudah disediakan di setiap meja.

Ternyata hasil psikotes kami TIDAK MENGULANG. Itu artinya kami tinggal menuju ke Satlantas Kebumen yang lokasinya ke arah barat tak jauh dari tempat psikotes. Sesampai di sana saya melihat Satlantas masih cukup sepi. Tak seperti pengalaman 5 tahun yang lalu, saat pertama kali memperpanjang SIM C antriannya begitu sesak. Apakah sepi karena efek Corona? Entahlah! Yang jelas pagi itu di Kebumen belum terdengar kabar satupun kasus positif COVID-19.

Lanjut… tepat di samping kanan gerbang masuk terdapat pos pengambilan formulir. Jika persyaratan yang kita serahkan lengkap, petugas akan memberikan formulir yang disteples bersama persyaratan tersebut menjadi satu berkas. Formulir bisa diisi pada tempat yang telah disediakan lengkap dengan pulpennya serta contoh formulir yang sudah terisi.

Setelah formulir terisi, kami segera menuju loket dan menyerahkan formulir tersebut kepada petugas. Baru beberapa menit duduk menunggu, nama saya sudah dipanggil untuk membayar biaya perpanjang SIM C sebesar 75.000 rupiah dan disusul dengan pemanggilan nama kakak saya.

Masih berada di ruang tunggu yang sama, kami masih harus menunggu panggilan untuk pengambilan foto, sidik jari dan tanda tangan. Saat sesi tersebut tiba, beberapa nama termasuk nama kami dipanggil masuk ke ruang foto secara bersamaan. Dan setelah semuanya selesai, SIM baru segera dicetak, kemudian dibagikan kepada para pemohon.

Surat Izin Mengemudi motor (SIM C)
Ternyata sekarang masa berlaku SIM tidak lagi sesuai dengan tanggal lahir, melainkan sesuai tanggal pembuatan

Berdasarkan pengalaman saya di atas, ternyata memperpanjang SIM sendiri tanpa perantara sangat mudah, murah dan cepat. Total biaya yang harus dikeluarkan untuk perpanjang SIM C hanya sebesar Rp. 165.000,00. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1,5 jam. Ya! Saya tes kesehatan pukul 08.00 dan SIM baru sudah ada di tangan pukul 09.30. Tentu akan butuh waktu lebih lama jika antrian permohonan SIM baru dan perpanjang lebih banyak.

Bagi kamu yang ingin membuat atau melakukan perpanjang SIM, berikut ini saya sampaikan persyaratan yang harus dipenuhi.

Syarat membuat SIM C baru

  1. Usia minimal 17 tahun
  2. Fotokopi KTP
  3. Surat Kesehatan
  4. Test Psikologi
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran

Syarat membuat SIM A baru

  1. Usia minimal 17 tahun
  2. Fotokopi KTP
  3. Surat Kesehatan
  4. Test Psikologi
  5. Mengisi Formulir Pendaftaran

Syarat membuat SIM A Umum & SIM B1 baru

  1. Usia minimal 20 tahun
  2. Mempunyai SIM A minimal 1 tahun
  3. Fotokopi KTP
  4. Surat Kesehatan
  5. Test Psikologi
  6. Mengisi Formulir Pendaftaran

Syarat membuat SIM B1 Umum baru

  1. Usia minimal 22 tahun
  2. Mempunyai SIM B1 minimal 1 tahun
  3. Fotokopi KTP
  4. Surat Kesehatan
  5. Test Psikologi
  6. Mengisi Formulir Pendaftaran

Syarat membuat SIM B2 baru

  1. Usia minimal 21 tahun
  2. Mempunyai SIM B1/Umum minimal 1 tahun
  3. Fotokopi KTP
  4. Surat Kesehatan
  5. Test Psikologi
  6. Mengisi Formulir Pendaftaran

Syarat membuat SIM B2 Umum baru

  1. Usia minimal 23 tahun
  2. Mempunyai SIM B1 Umum/SIM B2 minimal 1 tahun
  3. Fotokopi KTP
  4. Surat Kesehatan
  5. Test Psikologi
  6. Mengisi Formulir Pendaftaran

Syarat perpanjang SIM

  1. Persyaratan sama seperti SIM Baru ditambah SIM Lama Asli yang masih berlaku
  2. Jika SIM habis masa berlaku maka dilakukan pembuatan SIM baru

Demikian pengalaman perpanjang sendiri SIM C dan informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar di bawah ini untuk kita diskusikan bersama-sama.

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*