Pengalaman Membuat Bootable Linux Dengan Android Tanpa Root

Membuat bootable USB Linux umumnya dilakukan melalui komputer/laptop. Entah itu komputer/laptop bersistem operasi Windows, Linux ataupun Mac OS. Banyak sekali software pembuat bootable USB yang tersedia dan dapat diunduh secara gratis, sebut saja Rufus, YUMI, Universal USB Installer, Unetbootin dan masih banyak lagi.

Bootable USB Linux dibutuhkan ketika kita ingin mencoba suatu distro linux secara linux live, menginstal untuk pertama kalinya dan juga saat ingin menginstal ulang. Tapi bagaimana jika ternyata yang bermasalah dan harus diinstal ulang adalah komputer/laptop kita satu-satunya, sedangkan di sekitar kita tak ada komputer/laptop lain yang bisa digunakan untuk membuat bootable?

Hmmm… Tak perlu bingung, sebab sekarang membuat bootable USB Linux sudah bisa dilakukan melalui hp android yang kita miliki dengan cepat dan mudah. Di play store telah tersedia berbagai macam pilihan aplikasi android pembuat bootable USB Linux. Beberapa aplikasi ada yang membutuhkan akses root saat digunakan, namun ada juga yang tak memerlukan akses root.

Seperti pengalaman saya beberapa waktu lalu, ketika membuat bootable USB Linux Mint untuk instal ulang laptop. Saya hanya menggunakan hp Redmi 3 Pro dengan custom rom LineageOS 15.1 (android Nougat). Aplikasi yang saya pakai juga tak memerlukan akses root. Aplikasi android pembuat bootable USB Linux tersebut bernama EtchDroid. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Terus baca artikel ini karena di sini akan saya tuliskan langkah-langkahnya.

Baca Juga:  Jangan Gagal Paham Dengan Tarif Panggilan WhatsApp

Cara membuat bootable USB Linux dengan EtchDroid

Bahan dan alat

Ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan sebelum membuat bootable USB Linux, yaitu:

  • USB on the go
  • Smartphone android yang sudah terinstal EtchDroid. Kamu bisa menginstal EtchDroid di sini (link diarahkan ke play store). Sesuai yang tertulis pada info tambahan di play store EtchDroid bisa digunakan pada android versi 4.4 atau yang lebih baru. Sekali lagi saya katakan, saya menggunakan Redmi 3 Pro dengan custom rom LineageOS 15.1 (android 7.1).
  • Flashdisk dengan kapasitas penyimpanan minimal 4 GB. Saya terbiasa menggunakan yang berkapasitas 16 GB. Jangan menggunakan flashdisk yang berisi file penting karena flashdisk akan diformat dan semua file akan hilang.
  • File ISO Linux sesuai distro yang kamu inginkan. Untuk artikel ini saya contohkan Linux Mint 19.1 xfce 32 bit.

Langkah-langkah

Pertama, hubungkan flashdisk ke smartphone menggunakan USB on the go. Pastikan flashdisk telah terbaca dengan baik.

Selanjutnya buka aplikasi EtchDroid, tekan Write raw image or ISO. Cari dan pilih file ISO yang akan dijadikan bootable.

Membuat bootable USB linux dengan aplikasi android EtchDroid

Lalu pilih flashdisk yang akan digunakan sebagai bootable USB. Akan muncul pertanyaan Izinkan apl EcthDroid mengakses perangkat USB? Klik OKE.

Langkah terakhir, tekan simbol yang ada di pojok kanan bawah untuk memulai proses pembuatan bootable USB Linux. Pada pop-up yang berisi peringatan “If you continue, selected image will be written and all data stored on the USB drive will be lost forever” tekan FLASH IMAGE.

Saat proses dimulai, kita akan keluar otomatis dari aplikasi EtchDroid. Kita bisa memantau perkembangan prosesnya melalui notifikasi bar. Tunggu hingga proses selesai 100% yang ditandai dengan notifikasi Write finished. Sepengalaman saya proses berjalan ±10 menit.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Lokasi, Usia dan Jenis Kelamin Followers Instagram

Setelah langkah demi langkah dilakukan dan proses selesai, kini fashdisk sudah menjadi bootable USB Linux. Silahkan dicoba untuk mencoba Linux Live dengan masuk BIOS komputer/laptop kamu, kemudian pastikan system diatur untuk booting dari flashdisk tersebut.

Demikian pengalaman saya membuat bootable USB Linux dengan android tanpa root. Semoga bermanfaat. Jika mengalami kesulitan saat membuat bootable dengan cara di atas, jangan ragu untuk menuliskan kesulitan tersebut pada kolom komentar di bawah ini untuk kita diskusikan bersama 😀

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

2 Comments

  1. Mantep bgt ini tutorial nya
    Kebetulan saya lg butuh bgt
    Krn OS tiba2 ga kebaca di hardisk
    Lumayan buat alternatif
    Dari pada ribet hrs kluar rumah minjem laptop atau ke warnet 😂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*