Pengalaman Ganti Kartu Dengan Nomor yang Sama di Grapari Telkomsel

Kemarin pagi seusai pengambilan nomor dada (BIB number) event Kebumen Berlari, saya mampir ke Grapari Telkomsel yang ada di Kebumen. Letaknya ada di Jl. HM Sarbini, Prumpung, Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Rutenya, dari arah tugu lawet lurus ke barat menuju alun-alun Kebumen. Sampai jalan di sisi timur alun-alun belok kanan, lurus hingga mentok pertigaan, kemudian belok kiri. Grapari Telkomsel berada di kanan jalan ±50 meter dari pertigaan tersebut.

Saya ke sana diantar oleh seorang kawan dari Purworejo Runners (Pordjo Runners). Baru memarkir kendaraan di depan Grapari, seorang pegawai sudah membukakan pintu kaca sambil melempar senyum kepada kami. Tak berapa lama kamipun masuk, dengan ramahnya pegawai tersebut menanyakan akan keperluan kami mengunjungi Grapari Telkomsel.

Saya menjelaskan bahwa saya ingin mengganti kartu dengan nomor yang sama. Bukan karena hilang atau rusak, tapi karena kuning kartu Simpati saya terlalu besar sehingga jika dipotong menjadi ukuran Nano SIM bagian kuning tersebut akan ikut terpotong dan dikhawatirkan kartu akan rusak.

Pegawai tersebut kemudian menanyakan nomor yang ingin diganti kartunya dan juga KTP asli saya untuk dicek. Setelah NIK dan nomor Simpati diinput ke mesin antrian (yang tahu namanya tolong dikoreksi), KTP dikembalikan dan saya diberi nomor antrian. Kami berdua dipersilahkan duduk untuk menunggu panggilan dari customer service.

Ganti Kartu SIM atau upgrade 4G dengan nomor yang sama
Suasana saat sampai di Grapari Telkomsel Kebumen

Kebetulan kedatangan saya masih lumayan pagi. Terlihat kursi tunggu masih kosong belum ada pelanggan yang mengantri. Baru beberapa detik duduk di kursi tunggu, nomor antrian yang saya pegang langsung dipanggil. Hmmm… padahal nomor antrian belum sempat saya foto untuk keperluan gambar pelengkap artikel ini 😀

Saya segera menuju ke meja customer service. Rupanya mbak customer service, sebut saja Mawar, sudah tahu maksud kedatangan saya karena komputer di depannya sudah terintegrasi dengan mesin antrian tadi. Kemudian Mawar menanyakan KTP saya untuk dicocokkan dengan data registrasi kartu. Karena kartu teregistrasi atas nama saya sendiri, maka permintaan penggantian kartu dengan nomor yang sama bisa langsung diproses. Mawar hanya menanyakan nama ibu kandung saya untuk validasi data.

Baca Juga:  Ikut Kebumen Berlari, Event Lari Pertama di Kebumen dengan Ribuan Peserta

Mawar menjelaskan persyaratan untuk ganti kartu dengan nomor yang sama adalah harus membeli paket internet seharga mulai dari 55ribu atau paket telepon 600 menit seharga 65ribuan. Cukup pilih salah satu dan saya memilih untuk membeli paket internet saja. Karena pulsa di kartu Simpati masih ada 12ribuan, saya bisa membayar 50ribu saja dan yang 5ribu akan dipotong dari pulsa yang ada. Entah persyaratan ini merupakan kebijakan dari Grapari Telkomsel Kebumen saja atau memang sudah menjadi peraturan yang sama di setiap Grapari Telkomsel di manapun berada. Tak jadi soal bagi saya, yang penting kartu saya bisa jadi ukuran Nano SIM.

Tak memakan waktu yang begitu lama, proses pemindahan nomor dari kartu lama ke kartu barupun selesai. Mawar menyuruh saya untuk mencoba kartu barunya. Saya pasang kartu di SIM1. Ternyata kartu sudah langsung aktif, tidak seperti beberapa tahun yang lalu ketika ganti kartu dengan nomor yang sama harus menunggu maksimal 24 jam agar kartu aktif.

Baca Juga:  Rute dan Harga Tiket Jembangan Wisata Alam Kebumen

Setelah proses selesai tanpa kendala, saya meninggalkan Grapari Telkomsel dan juga Mawar. Sebagai informasi tambahan, selain untuk mengubah ukuran kartu menjadi Nano SIM, penggantian kartu dengan nomor yang sama juga mungkin terjadi karena hal lain. Bisa saja karena kartu hilang, rusak atau ingin upgrade dari kartu SIM 3G menjadi kartu USIM 4G.

Grapari Telkomsel di Kebumen buka setiap hari Senin-Kamis pukul 08.00-17.00 dan hari Sabtu pukul 08.00-12.00. Sedangkan untuk hari Jumat dan Minggu tutup. Hari dan jam kerja Grapari Telkomsel di masing-masing daerah mungkin berbeda tergantung dari kebijakan dan aturan yang berlaku di Grapari tersebut.

Yang perlu diperhatikan: untuk ganti kartu dengan nomor yang sama jangan lupa membawa KTP asli, kartu yang ingin diganti (karena rusak atau upgrade 4G) dan sedia uang 100ribu untuk antisipasi kalau-kalau harga paket yang harus dibeli sudah naik. Bagi yang ingin ganti kartu dengan nomor yang sama karena hilang cukup membawa KTP asli dan uang untuk membeli paket yang sudah saya sebutkan di atas.

Tentang Marjono 47 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

34 Comments

  1. saya ganti simcard ke nano sim di balikpapan (kaltim) juga bayar kok. eh bukan bayar, tapi mesti beli paket telpon atau internet 50 ribu, dapat paket 3 gb masa aktif seminggu. dan dapat bonus 5gb aktif sebulan karena upgrade ke 4G.

  2. Males ah klo bayar. Saya yakin 70% pengguna telkomsel gak perduli dengan 3G atau 4G. Soalnya apa apa tarif internet mahal.sementara nelpon pake pulsa orang udah jarang.

    • Tapi bagi sebagian orang tarif yang agak mahal tidak akan jadi masalah ketika jaringan Telkomsel menjadi jaringan yang terbaik di lokasi/tempat tinggalnya, sementara jaringan operator lain buruk/susah. Tentu mereka akan memilih menggunakan 4G yang koneksi internetnya lebih kencang.

  3. Mas bisa nanya, kalau no telpon simpati itu diwakilkan sama anaknya bisa gak yah? Atau memang harus orangnya yang merubah nomornya?

    • Peraturan dari Telkomsel untuk ganti nomor harus pemilik kartu yang datang ke Grapari, gak bisa diwakilkan.

      • Waduh serius atuh mas? Soale saya mau ngegantiin kartu ibu saya, karena berhubungan ibu saya ga bisa ikut jadi saya yg wakilin..
        Ga bisa ya mas?

        • Iya serius mas. Tapi bisa dicoba dulu pakai surat kuasa, siapa tahu kebijakan grapari di lokasi mas Arif bisa diwakilkan.

    • Kemarin sebelum lebaran, teman saya ke grapari mau mengaktifkan kartu yang masa tenggangnya habis. Bisa. Tapi harus berlangganan pasca bayar alias kartu halo. Kalau tetap untuk kartu prabayar gak bisa katanya.

  4. Mas marjono saya mau tanya nih.
    Kalo misalnya kita beralih dari micro sim ke nano sim, apakah kuota internet lama kita bakalan hilang?

    • Micro ke nano simcard kan tinggal potong mas. Kalaupun terpaksa harus ganti kartu karena kuning chipnya kebesaran & ikut terpotong, nanti kuota internet lama ikut pindah ke kartu baru kok.

  5. Bg marjono mau nanyak,,kartu telkomsel saya, kartu lama,promo paket2 special internetnya murah2 ke no saya ini,kalau kartu telkomsel yg lain mahal2,,tp kuningnya besar jd ngak bisa ke potong lagi,kalau ganti kartu tp no nya tetap sama,apakah promo2 special paketnya hilang ya.

  6. Mas saya mau nanya kalonya kartu saya udah di blokir karna masa tenggang apakah bisa no saya di ganti ke sim crd yang baru,karna saya perlu no itu

    • Beberapa bulan yang lalu teman saya pernah ke Grapari untuk mengaktifkan kembali nomor yang sudah terblokir karena lewat masa tenggang. Kata CS di sana bisa, syaratnya harus berlangganan kartu Halo. Artinya nomor tersebut bisa aktif tapi menjadi kartu Halo.

  7. Saya mau nanya saya barusan membeli kartu baru, namanya kartu sakti telkomsel,tetapi idetitas nomor ini masih yang lama (bukan ktp saya),bisa nggak di ganti dengan registrasi ktp saya sendiri?

    • Bisa dilakukan UNREG dan registrasi ulang. Bisa dilakukan dengan mudah melalui *444# dari nomor Telkomsel yang mau diubah nomor KTPnya.

  8. Saya baru saja ganti dari micro ke nano. Kartu sudah 4G eh masih kena biaya 25rb itupun ga dapat benefit apa2 entah pulsa/paket data. Seharusnya lebih di utamakan kepuasan pelanggan setia

  9. Maaf mas… kalo gitu nama kontak yang di kartu sil yang hilang akan menempel otomatis di kartu baru engga? Terimakasih

    • Kalau nama & nomor kontak tidak akan ikut berpindah di kartu yang baru, sebab kontak tersebut tersimpan pada memori kartu yang lama.

  10. mass kalau kita ganti kartu telkomsel ke nano, apakah kartu telkomsel kita yang lama masih aktif juga atau langsung terblokir ?

  11. Bambang Guritno
    PENGGATIAN KARTU SIMPATI RUSAK BIAYA 100 RIBU…..BEDA DENGAN OPERATOR LAIN …KARTU TREE10 RIBU,.KARTU XL 10 RIBU .KENAPA SIMPATI KOK MAHAL YAAA.di denpasar MAL MATAHARI GALERIA

  12. Mau tanya apakah bisa ganti paketan kartu dengan no lama
    Mau pindah dari kartu as ke simpati
    Karena paketannya lebih banyak

    • Kalau pindah dari kartu As menjadi Simpati kemungkinan gak bisa. Tapi kalau dari kartu As menjadi kartu Halo bisa.

  13. Setelah proses selesai tanpa kendala, saya meninggalkan Grapari Telkomsel dan juga Mawar.
    wkwkwk..gak sekalian di bwa pulang gan mbak mawarnya..?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*