Menonaktifkan SMS Notifikasi Tanpa ke Kantor Cabang BRI

Sejak awal pembukaan rekening BRI Simpedes, layanan SMS notifikasi rekening saya ternyata sudah diaktifkan. Bukan saya yang mengaktifkan, mungkin mbak CS yang membantu waktu itu lupa pesan saya untuk tidak mengaktifkan SMS notifikasi. Alhasil setiap ada transaksi entah itu penarikan ataupun uang masuk selalu ada SMS pemberitahuan ke nomor terdaftar saya.

SMS notifikasi bank BRI selalu dikirim ke nomor saya setiap kali ada transaksi yang nilainya minimal 100ribu rupiah. Misalnya saat ada transferan uang dan saat ada transaksi tarik tunai di ATM. Memang SMS notifikasi ini selalu membawa kabar gembira ketika kiriman uang sudah masuk serta memberi peringatan keamanan atas segala transaksi yang mungkin sebenarnya tidak kita lakukan. Intinya SMS notifikasi BRI berfungsi untuk melacak pergerakan uang di dalam rekening kita secara real time.

Menonaktifkan SMS Notifikasi Tanpa ke Kantor Cabang BRI
Isi SMS notifikasi BRI

Tapi bagi orang desa seperti saya layanan SMS notifikasi ini tak begitu penting. Kenapa? Sebab uang yang ada di dalam rekening BRI Simpedes saya tidak seberapa. Transaksi yang saya lakukan di mesin ATM juga hanya sebatas tarik tunai saja, itupun tak pernah lebih dari 1 juta.

Dalam sebulan tarik tunai bisa saya lakukan beberapa kali sesuai kebutuhan. Sedangkan pengiriman SMS notifikasi BRI dikenakan biaya sebesar 500 rupiah per SMS yang dipotong langsung dari saldo rekening. Kalau sebulan ada 10 transaksi saja sudah jelas terlihat berapa saldo yang akan terpotong. Apalagi kalian yang sebulan melakukan transaksi ratusan kali apakabar saldo rekeningnya?

Oleh sebab keberatan dengan tarif SMS notifikasi BRI yang dikenakan per-SMS, akhirnya saya putuskan untuk menghentikan layanan tersebut. Ada 2 cara menonaktifkan layanan SMS notifikasi yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat atau bisa juga dengan menghubungi Call BRI.

Tak sempat pergi ke kantor cabang, saya pilih cara yang ke dua. Saya menghubungi bank BRI melalui contact center BRI di nomor 14017. Ketika tersambung saya sampaikan keinginan untuk menonaktifkan layanan SMS notifikasi. Saya ditanya nomor rekening dan beberapa data untuk memastikan pemohon adalah benar si pemilik rekening. Sudah hampir selesai tiba-tiba telepon terputus.

Rupanya pulsa limaribuan hanya bisa digunakan untuk telepon selama 3 menitan. Jadi buat kalian yang mau menghentikan layanan SMS notifikasi BRI melalui CallBRI sebaiknya sedia pulsa yang banyak agar tak terhenti sebelum proses selesai. 14017 bukan seperti nomor rumah/kantor, jadi tidak bisa menggunakan paket telepon ke PSTN (seperti paket di Simpati).

Esok harinya saya mengambil uang di ATM. Tidak banyak, cuma 300ribu rupiah. Ternyata tidak ada SMS notifikasi yang masuk. Sampai sore saya cek, tak ada satupun SMS pemberitahuan dari bank BRI yang masuk. Itu artinya layanan SMS notifikasi sudah nonaktif meski telepon ke 14017 terputus di tengah jalan.

Bagi yang punya waktu luang, lebih baik lakukan penonaktifan layanan SMS notifikasi di kantor cabang BRI terdekat. Syaratnya cukup dengan membawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM. Nanti di sana kalian bisa sambil tanya-tanya ke mbak CS tentang layanan BRI lainnya. Sudah bebas pulsa dapat informasi banyak pula. Kalau perlu tanya nomor hp dan pin BBM-nya 😀

Sebagai informasi tambahan, SMS notifikasi BRI akan di kirim ke nomor terdaftar kita setiap kali ada transaksi yang nilainya sama dengan/lebih dari batas minimal nominal yang telah diatur. Biaya sebesar 500 rupiah/SMS akan dipotong dari saldo rekening kita secara akumulatif setiap 4 hari sekali pada tanggal tertentu yaitu tanggal 1, 4, 8, 12, 16, 20, 24 dan 28.

Nah itu tadi cara dan alasan saya untuk menghentikan layanan SMS notifikasi BRI. Kalau menurut kalian sebaiknya layanan itu tetap diaktifkan atau sudah dinonaktifkan saja? Boleh dong berikan pendapat serta alasannya di kolom komentar :mrgreen:

Tentang Marjono 22 Articles
Per tanggal 03 Maret 2021 semua akun media sosial saya ganti dengan akun-akun yang ada di profil ini. Mohon follow & subscribe jika berkenan :-D

24 Comments

  1. kak , saya mau menonaktifkan sms notifikasi karena sangat merugikan bagi mahasiswa seperti saya, apakah kalo udah dinonaktifkan sudah tidak ada sms dan tidak mengurangi saldo saya?

    • Kalau sudah nonaktif ya jelas sudah tidak ada kiriman SMS notifikasi setiap transaksinya kak. Kalau masih ada SMS notifikasi & mengurangi saldo berarti layanan masih aktif.

  2. mas saya mau nanya bila saya menonaktifkan sms notifikasi apa saya masih tetap dapat mengunakan aplikasi seperti brimo?
    dan jujur mas sms notif ini sangat merugikan karena menurut saya saldo berkurang bukan dari misal transaksi atau pengambilan uang, soalnya jarang sekali saya melakukan hal itu, jadi tiap saya cek melalui brimo saldo berkurang memang dari sms tapi smsnya bukan dari seperti saya bilang sebenernya nya, tapi saya rasa dari sms ga penting seperti promo atau iklan dari kartu sim yang saya daftarkan.

    oh ya mas sekalian bertanya kembali sebulan itu ada biaya berapa untuk administrasi sebagai nasabah itu? saya mengunakan bri britama mas.
    sebelum nya saya ucapkan terima kasih atas ilmunya mas.

    • Sejauh ini saya masih bisa mwnggunakan aplikasi BRImo meskipun sms notifikasi nonaktif.

      Untuk BRI Britama biaya administrasi bulanannya Rp. 11.000,- untuk saldo ≤10 Juta, Rp. 12.000,- untuk saldo di atas 10 Juta. Selain itu juga ada biaya kartu bulanan, yaitu Rp 2.000,- untuk Classic dan Rp. 6.500,- untuk Gold.

  3. Mas kalau mau non aktifkan SMS notifikasi bisa di semua bank BRI nggak?,apa harus ke tempat Kita bikin rekening BRI

    • Seharusnya tidak berpengaruh. SMS notifikasi kan berbeda dengan SMS OTP. Saat saya tanya via Twitter, CS BRI juga menjawab bisa dinonaktifkan.

  4. Mas saya mau bertanya, jadi saya blm lama menggunakan mbanking brimo tapi sering ada notifikasi yang memotong saldo kemudian saya tanyakan ke cs utk menonaktifkan tapi sudah beberapa kali transaksi masih aja ada potongan seperti diawal 500/sms sedangkan nomer yang awal pembukaan rekening sudah mati apa hal tsb bisa berpengaruh krn no hp yg sekarang utk mendaftar mbank no baru.. Mohon solusinya gan ini pengaruh apa krn notifikasi masuk di nomer hp lama dan mengurangi saldo sedangkan no tsb sudah tidak terdaftar
    Terimakasih

    • Kalau masih ada potongan berarti itu masih aktif. Coba mbak Anggi datang ke kantor cabang BRI lagi, minta untuk penonaktifan SMS Notifikasi. Sekalian minta nomor lama yang sudah mati dihapus dari akun/rekening mbak Anggi ya 😀

  5. Mas tadi siang saya rencanannya mau buat sms Bangking di ATM BRI, namun saya salah pencet. Saya malah pilih notifikasi, apa itu sama saja seperti yg dibahas di atas? Saldo nominal diatas 100rb saya pilih. Memang rencanannya saya mau aktifkan SMS bangking biar tau gajian saya udah masuk atau belum. Jadi ga usah repot ke atm lagi. trus masukan no lalu dan pemberitahuan notifikasi berhasil, apa itu sama saja seperti yang dibahas di atas dan jika ada transferan masuk ada peberitahuan juga ya?

    • Betul sekali mas Levin, SMS Notifikasi sama seperti yang dibahas di atas. Mas Levin memilih nominal 100ribu yang artinya setiap ada transaksi minimal 100ribu akan ada SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar.

      Sekedar info tambahan nih mas Levin, SMS Notifikasi berbeda dengan SMS banking. SMS Notifikasi cuma layanan pemberitahuan setiap kali ada transaksi di rekening. Sedangkan untuk mengecek saldo, mengecek transaksi terakhir hingga melakukan transaksi layanan yang kita gunakan adalah SMS Banking.

  6. saya juga begitu,pertama daftar internet banking,setiap transaksi dapat pemberitauan lewat email, sejak 2 bulan terakhir ini setiap transaksi saya dapat pemberitauan melalui email juga dapat pemberitauan melalui sms yg berbayar dan langsung di potong dri saldo, karena saya sering melalukan transaksi jadi merasa keberatan sekali yg sebulan bisa di potong hampir 15 rbuan untuk bayar sms,saya sudah menghubungi bri melalui email untuk menghentikan notofikasi melalui sms, tapi belum ada respon, mau telpon call center juga susah karena saya saat ini berada di hongkong,, belum dapat solusinya sampai sekarang

    • Waduh sayang sekali itu mbak kalau sebulan kena potongan hampir 15rb cuma untuk bayar SMS notifikasi. Mendingan transaksi pakai rekening lain dulu kali mbak, nanti kalau sudah di Indonesia baru deh diurus penonaktifannya. Maaf slowres karena kesibukan di dunia nyata 😀

  7. Kok gagal ya mau transfer lwt aplikasinya BRI mobile. Pdhl tadi daftar dan ktanya sudah bisa di pakai. Tp di coba ttep gagal. “Silahkan isi trx finansial” gtu sms blsan dari 3300

    • Kemungkinan untuk transaksi finansialnya belum diaktifkan, jadi cuma bisa buat cek saldo, history transaksi, belum bisa buat transaksi transfer dan bayar2. Coba datang ke cabang bri terdekat, minta diaktifkan untuk transaksi finansial internet bankingnya.

    • Gak ngaruh mbak. Setelah menonaktifkan SMS notifkasi saya masih dapat SMS token setiap transaksi via internet banking kok.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*