Menonaktifkan SMS Notifikasi Tanpa ke Kantor Cabang BRI

Sejak awal pembukaan rekening BRI Simpedes beberapa waktu lalu, layanan SMS notifikasi rekening saya ternyata sudah diaktifkan. Bukan saya yang mengaktifkan, mungkin mbak CS yang membantu waktu itu lupa pesan saya untuk tidak mengaktifkan SMS notifikasi. Alhasil setiap ada transaksi entah itu penarikan ataupun uang masuk selalu ada SMS pemberitahuan ke nomor terdaftar saya.

SMS notifikasi bank BRI selalu dikirim ke nomor saya setiap kali ada transaksi yang nilainya minimal 100ribu rupiah. Misalnya saat ada transferan uang dan saat ada transaksi tarik tunai di ATM. Memang SMS notifikasi ini selalu membawa kabar gembira ketika kiriman uang sudah masuk serta memberi peringatan keamanan atas segala transaksi yang mungkin sebenarnya tidak kita lakukan. Intinya SMS notifikasi BRI berfungsi untuk melacak pergerakan uang di dalam rekening kita secara real time.

Menonaktifkan SMS Notifikasi Tanpa ke Kantor Cabang BRI
Isi SMS notifikasi BRI

Tapi bagi orang desa seperti saya layanan SMS notifikasi ini belum begitu penting. Kenapa? Sebab uang yang ada di dalam rekening BRI Simpedes saya tidak seberapa. Transaksi yang saya lakukan di mesin ATM juga hanya sebatas tarik tunai saja, itupun tak pernah lebih dari 1 juta.

Dalam sebulan tarik tunai bisa saya lakukan beberapa kali sesuai kebutuhan. Sedangkan pengiriman SMS notifikasi BRI dikenakan biaya sebesar 500 rupiah per SMS yang dipotong langsung dari saldo rekening. Kalau sebulan ada 10 transaksi saja sudah jelas terlihat berapa saldo yang akan terpotong. Apalagi kalian yang sebulan melakukan transaksi ratusan kali apakabar saldo rekeningnya?

Baca Juga:  Cara Membuka Blokir Internet Banking BRI Secara Online Tanpa ke Kantor Cabang

Oleh sebab keberatan dengan tarif SMS notifikasi BRI yang dikenakan per-SMS, akhirnya saya putuskan untuk menghentikan layanan tersebut. Ada 2 cara menonaktifkan layanan SMS notifikasi yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat atau bisa juga dengan menghubungi Call BRI.

Tak sempat pergi ke kantor cabang, saya pilih cara yang ke dua. Saya menghubungi bank BRI melalui contact center BRI di nomor 14017. Ketika tersambung saya sampaikan keinginan untuk menonaktifkan layanan SMS notifikasi. Saya ditanya nomor rekening dan beberapa data untuk memastikan pemohon adalah benar si pemilik rekening. Sudah hampir selesai tiba-tiba telepon terputus.

Rupanya pulsa limaribuan hanya bisa digunakan untuk telepon selama 3 menitan. Jadi buat kalian yang mau menghentikan layanan SMS notifikasi BRI melalui CallBRI sebaiknya sedia pulsa yang banyak agar tak terhenti sebelum proses selesai. 14017 bukan seperti nomor rumah/kantor, jadi tidak bisa menggunakan paket telepon ke PSTN (seperti paket di Simpati).

Esok harinya saya mengambil uang di ATM. Tidak banyak, cuma 300ribu rupiah. Ternyata tidak ada SMS notifikasi yang masuk. Sampai sore saya cek tak ada satupun SMS pemberitahuan dari bank BRI yang masuk. Itu artinya layanan SMS notifikasi sudah nonaktif meski kemarin telepon ke 14017 saya terputus di tengah jalan.

Baca Juga:  Jenius, Tabungan Digital BTPN yang Mengerti Semua Kebutuhanku

Bagi yang punya waktu luang, lebih baik lakukan penonaktifan layanan SMS notifikasi di kantor cabang BRI terdekat. Syaratnya cukup dengan membawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM. Nanti di sana kalian bisa sambil tanya-tanya ke mbak CS tentang layanan BRI lainnya. Sudah bebas pulsa dapat informasi banyak pula. Kalau perlu tanya nomor hp dan pin BBM-nya 😀

Sebagai informasi tambahan, SMS notifikasi BRI akan di kirim ke nomor terdaftar kita setiap kali ada transaksi yang nilainya lebih dari 100ribu rupiah. Biaya sebesar 500 rupiah/SMS akan dipotong dari saldo rekening kita secara akumulatif setiap 4 hari sekali pada tanggal tertentu yaitu tanggal 1, 4, 8, 12, 16, 20, 24 dan 28.

Nah itu tadi cara dan alasan saya untuk menghentikan layanan SMS notifikasi BRI. Kalau menurut kalian layanan itu pilih diaktifkan atau dinonaktifkan saja? Boleh dong berikan pendapat serta alasannya di kolom komentar :mrgreen:

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

71 Comments

    • Gak ngaruh mbak. Setelah menonaktifkan SMS notifkasi saya masih dapat SMS token setiap transaksi via internet banking kok.

  1. Kok gagal ya mau transfer lwt aplikasinya BRI mobile. Pdhl tadi daftar dan ktanya sudah bisa di pakai. Tp di coba ttep gagal. “Silahkan isi trx finansial” gtu sms blsan dari 3300

    • Kemungkinan untuk transaksi finansialnya belum diaktifkan, jadi cuma bisa buat cek saldo, history transaksi, belum bisa buat transaksi transfer dan bayar2. Coba datang ke cabang bri terdekat, minta diaktifkan untuk transaksi finansial internet bankingnya.

      • Uhh… Bener banget. Sebnarnya pas mau aktifkn inet banking, udh dbilang sms banking d non aktifkn saja. Eh ternyata masih aktif dan masih aj dpotong. Hedeuuuhhh….
        Baiklah, berarti gak bisa dnon aktifkn manual ya Kak hha.. Mesti menghub pihak BRI. Thank youuuj

  2. saya juga begitu,pertama daftar internet banking,setiap transaksi dapat pemberitauan lewat email, sejak 2 bulan terakhir ini setiap transaksi saya dapat pemberitauan melalui email juga dapat pemberitauan melalui sms yg berbayar dan langsung di potong dri saldo, karena saya sering melalukan transaksi jadi merasa keberatan sekali yg sebulan bisa di potong hampir 15 rbuan untuk bayar sms,saya sudah menghubungi bri melalui email untuk menghentikan notofikasi melalui sms, tapi belum ada respon, mau telpon call center juga susah karena saya saat ini berada di hongkong,, belum dapat solusinya sampai sekarang

    • Waduh sayang sekali itu mbak kalau sebulan kena potongan hampir 15rb cuma untuk bayar SMS notifikasi. Mendingan transaksi pakai rekening lain dulu kali mbak, nanti kalau sudah di Indonesia baru deh diurus penonaktifannya. Maaf slowres karena kesibukan di dunia nyata 😀

  3. Mas tadi siang saya rencanannya mau buat sms Bangking di ATM BRI, namun saya salah pencet. Saya malah pilih notifikasi, apa itu sama saja seperti yg dibahas di atas? Saldo nominal diatas 100rb saya pilih. Memang rencanannya saya mau aktifkan SMS bangking biar tau gajian saya udah masuk atau belum. Jadi ga usah repot ke atm lagi. trus masukan no lalu dan pemberitahuan notifikasi berhasil, apa itu sama saja seperti yang dibahas di atas dan jika ada transferan masuk ada peberitahuan juga ya?

    • Betul sekali mas Levin, SMS Notifikasi sama seperti yang dibahas di atas. Mas Levin memilih nominal 100ribu yang artinya setiap ada transaksi minimal 100ribu akan ada SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar.

      Sekedar info tambahan nih mas Levin, SMS Notifikasi berbeda dengan SMS banking. SMS Notifikasi cuma layanan pemberitahuan setiap kali ada transaksi di rekening. Sedangkan untuk mengecek saldo, mengecek transaksi terakhir hingga melakukan transaksi layanan yang kita gunakan adalah SMS Banking.

  4. Mas.. saya mw tanya.. motong saldo untuk sms notifikasinya itu tiap 4 hari sekali dalam 1 bulan… atau hanya saat kita bertransaksi aja.. misal,dapat tranferan dari teman.. ato saat mengambil uang saja…sebagai contoh.. saya dalam 1 bulan dapat tranferan 2 kali.. otomatis sms notifikasinya 4 kali kan… 2 kali pas dpet uangnya.. 2 kali lgi pas ambil uangnya… itu saya habis berapa..

    • Pada saat SMS notifikasi dikirim biasanya tidak langsung ada pemotongan saldo. Pemotongannya dilakukan setiap 4 hari sekali sesuai dengan jumlah SMS notifikasi yang dikirim. Jika tidak pernah ada transaksi maka tidak ada pemotongan sama sekali. jika dalam sebulan mbak Ambarwati ada 4 SMS notifikasi maka saldo yang terpotong untuk biaya SMS notifikasi hanya sebesar 4 x 500 rupiah = 2.000 rupiah saja.

      • Mas tadi aku mau tarik tunai tp isi ATM. Nya kosong.. Tp au udah dapat SMS dari mobil benking.. Itu akan terpotong ngak uang nya

        • Cek saldonya aja mas.kalau ternyata saldo sudah terpotong segera hubungi CS BRI, atau ke kantor cabang terdekat besok Senin.

  5. Saya gak daftar notifikasi BRI.
    tapi kok saya dapat sms dari BRI
    anda terdaftar notifikasi BRI.
    bisakah ini saya berhenti kan?

  6. Mau tanya mas, kalau sms notifikasi itu . Andaikata dapat transferan senilai 20rb atau 50rb apakah akan ada sms pemberitahuan yang masuk ke nomor yg terdaftar?

    • Tergantung berapa batas minimal yang diatur saat pendaftaran sms notofikasi mbak. Kalau misal minimal 20ribu maka saat ada transferan 20ribu atau di atasnya mbak Ayumel akan dapat sms notifikasi.

      • Maaf buat mbak Ayumel dan para pembaca atas info yang kurang lengkap, ini karena keterbatasan pengetahuan saya. Ternyata batas minimal yang bisa disetting saat pendaftaran SMS Notifikasi BRI adalah 100ribu, tidak bisa di bawahnya. Jadi untuk transferan 20ribu atau 50ribu tidak akan ada notifikasi.

        • Klo sy agen brilink butuh sms notifikasi g y mas?sya mau non akufkn..4 hr sya 15rb 12rb mas..lmyan jga ya

          • Butuh atau tidaknya tergantung dari mbak Sri sendiri. Kalau mau mengetahui mutasi berhasil dengan cepat ya salah satunya dengan tetap mengaktifkan SMS Notifikasi. Kalau dirasa tidak perlu silahkan dinonaktifkan saja.

    • Kalau memang sudah dinonaktifkan seharusnya sudah tidak ada potongan saldo sebagai biaya SMS noifikasi kak. Mungkin itu potongan untuk layanan lain, coba dicek kembali layanan apa saja yang masih aktif.

  7. Klo saya menerima notifikasi transaksi , yang terpotong adalah saldo pulsa dari nomor hp terdaftar saya. Itu bagaimana ya?

    • Setahu saya di bank BRI SMS yang memotong saldo pulsa itu untuk transaksi melalui SMS Banking. Kalau untuk SMS notifikasi dari transaksi yang dilakukan di luar SMS Banking hanya memotong saldo tabungan.

    • Tergantung batas minimalnya berapa saat pengaktifan sms notifikasi. Kalau pengambilannya di atas batas minimal maka akan ada pemberitahuan sms, kalau jumlah pengambilan uang di bawah batas minimal maka tidak akan ada pemberitahuan sms.

  8. Kalau menggunakan sms banking atau sms notifikasi, di potong saldo pulsa aja atau dipotong saldo tabungan juga?

    • Untuk sms banking biaya sms dipotong pulsa, kalau ada biaya tambahannnya (seperti biaya transfer antar bank) akan memotong saldo tabungan. Sedangkan untuk sms notifikasi cuma memotong saldo tabungan.

  9. Bagaimana kalau uang masuk atau penarikan ada pemberitahuannya ya?padahal sms banking nya udah aktif.tapi setiap ada uang masuk saya gak tau??

    • SMS banking beda dengan SMS notifikasi mbak. SMS banking cuma buat cek saldo, transfer dan transakasi lain yang harus dengan perintah si pemilik rekening. Sedangkan SMS notifikasi hanya untuk pemberitahuan secara otomatis setiap ada transaksi di dalam rekening tanpa ada perintah apapun dari si pemilik rekening. Kalau mau ada pemberitahuan setiap kali ada transaksi mbak Tri Wahyuni harus registrasi SMS Notifikasi. Bisa melalui ATM, Mobile banking atau di Kantor Cabang terdekat.

  10. Oo baru tau saya .. Ternyata ada biaya yg harus ditanggung disetiap notifikasi … Terus gimana ya kira kira kalau nomer yg terdaftar sms notif sudah tidak aktif .. Apakah masih bisa terpotong saldonya mas?

    • Coba dicek di rekening korannya mbak, kalau masih ada potongan-potongan tertentu yang mbak Tia gak tau itu potongan apa, sebaiknya telpon ke BRI untuk meminta penonaktifan SMS notofikasi. Soalnya kemungkinan biarpun nomor tidak aktif tapi masih terdaftar sebagai penerima SMS Notifikasi. Pasti sistem masih mengirim SMS notifikasi setiap ada transaksi.

      • Maaf mas saya mau tanya,kan dulu saya juga mengaktifkan layanan e banking,tapi tiap ada transfer masuk tidak pernah ada sms pemberitahuan dari bank,itu berarti apakah layanan e banking saya belum aktif ya?jika saya menonaktifkan no hp yg saya gunakan untuk e banking itu nanti ada pengaruh ngga ya?

        • Cek lagi apakah fitur SMS notifikasinya sudah benar aktif dan cek juga berapa minimal nominal transaksi untuk SMS notifikasinya.

          Untuk menonaktifkan nomor hp, sebaiknya pastikan dulu nomor sudah tidak terhubung dengan semua layanan perbankan mbak Novi.

  11. Untuk daftar mobile banking BRI,nomer tlp yg didaftarkan apakah bisa dari operator tri,karena saya cuma pake 1 nmr hp tok yaitu tri…
    Matur suwun sebelumnya….

  12. Mas mau tanya jika kita sudah menonaktifkan sms banking apakah dinmor yang sebelumnya ada pemberitahuan mas

    • Mbak Vera, SMS banking dan SMS notifikasi beda ya mbak. Jadi kalau gak mau dapat SMS notifikasi ya fitur SMS notifikasinya yang dinonaktifkan. Kalau cuma SMS banking yang dinonaktifkan nanti akan tetap ada SMS notifikasi setiap ada transaksi di rekening mbak Vera.

  13. Selain pemotongan 500 setiap sms ada juga pemotongfan 4500 setiap bulan selain dari biaya admin yang 5500. Yang 4500 itu untuk apa ya???

  14. Mas tanya mas. Saya udh ativkan SMS bengking d kantor terdekat.tpi tiap orng ngirim uang tdk ada pemberitahuannya mas.kalau saya cek saldo bisa.tpi pemberitahuannya ngk ada masuk mas.tlng kasi saya penjelasan nya.Atau cara nya mas.mks

    • Untuk pemberitahuan setiap ada orang ngirim uang itu layanan SMS Notifikasi, bukan SMS Banking mas. Jadi harusnya mas Irfan minta ke CS untuk mengaktifkan SMS Notifikasi.

  15. Mau nanya mas. Itu nomor call center bri nya kalau mau telpon pake hp biasa apa harus pake kode daerah masing2.? Contoh (021)14017

  16. Nanya mass. Kalau kita ambil uang pecahan 50 rb. Kita ambil 5 kali tarik itu jadi total 250 itu masuk sms notifikasi tidak mass. Pertama kita narik 50 rb trus keluar. Balik lagi narik 50 rb trus kluar, sampi 5 kali. Itu ada sms notifikasi tidak mass ?

    • Kalau sms notifikasinya disetting minimal 100ribu atau lebih, maka saat tarik uang 50ribu berapa kalipun tidak akan ada sms notifikasi. Kalau langsung diambil 250ribu akan ada sms notifikasi, tapi kalau diambil per 50ribu tidak. Wah triknya mas Iswanto pinter nih 🤣🤣🤣

  17. Itu beneran tidak akan ada notifikasi kan kak ? Soalnya takut ketauan kakak, walaupun udah di beri atm. Kalau pengeluaran tidak jelas kan. Di kira foya”.

  18. Lah coba itu bang gua gada atm dpt sms kaya gitu aneh ga dan jumlah penarikanya cukup besar. apakah akan berimbas ke gua? dan sama sekali gua gapunya atm dn gua msh pelajar

    • Mungkin masnya beli kartu baru yang nomornya sudah pernah dipakai orang. Kan memang nomor yang sudah habis masa tenggang bisa diaktifkan & dijual lagi oleh operator. Bisa jadi waktu dipakai orang sebelumnya, nomor tersebut didaftarkan SMS Notifikasi dan sampai sekarang belum dinonaktifkan layanan tersebut.

      Tapi tenang saja, pulsa mas aman karena biaya dipotong dari saldo tabungan.

    • Semua transaksi uang masuk/keluar yang nominalnya di atas batas minimal akan ada SMS notifikasi mbak.

  19. Mas..mau nanya nih
    Nominal transaksi terima sms notif itu paling kecil brpa yah??
    100rb ato 50rb??
    Klo dr pihak bank nya kan tidak ada ngasi opsi buat minimal nya,trgantung ke inginan nasabah..
    Nah yg paling minim nya brapa??

  20. Mas mAu nanya..kalo mau ganti nominal SMS notifikasi dari 100 ribu jadi 1 juta gmn ya. Tanpa harus ke kantor cabang

    • Coba minta ubah nominal via telepon. Kalau gak bisa, minta dinonaktifkan saja SMS notifikasinya. Nanti setelah nonaktif, masnya bisa mengaktifkan lagi melalui ATM dengan nominal 1juta.

  21. mas kenapa saya ambiL duit 50 rb kok sLdo saya di potong 5 kaLi 500?
    bisa gak nonaktifkan sms notifikasi pake atm?

    • Mungkin itu potongan beberapa transaksi sebelumnya mbak. Kan motongnya gak langsung setelah transaksi, tapi dirapel di tanggal tertentu.

      Untuk penonaktifan gak bisa di ATM. Bisanya via telepon atau datang langsung ke kantor cabang.

  22. Saya udah coba menonaktifkan SMS banking.. ya…banyak laporan jdi banyak saldo yg d ambil …
    Tapi tetep masih dpt SMS notifikasi..tolong bantu donk biar sya bisa menonaktifkannya secara permanen..dan internet banking nya tetep berjalan…

    • Harusnya yang dinonaktifkan SMS notifikasinya, bukan SMS bankingnya mas. Tanpa SMS notifikasi internet banking saya masih bisa lancar digunakan kok.

  23. Selamat pagi Mau tnyak, Uda pigi ke bank buat non aktif sms bangking setelah itu berhenti dua hari gadak potongan SMS Bangking trus saya ambil duit dri ATM baru SMS bngking aktif kembali. Itu kenapa ya?

  24. Sepakat dengan bung Marjono. Non aktifkan saja. Provider yg saya pakai malah Rp.1000 an kok. Saya juga tinggal di pelosok. Dulu saya pakai mobile banking karena saat itu daerah saya belum terjamah anjungan ATM.

  25. Kak biaya Rp500 itu dipotung setiap 4 hari walaupun kita tdk melakukan transaksi apapun atau gimana kak?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*