Menginstal LineageOS Android Nougat di Xiaomi Redmi 3 Pro

Dua tahun sudah saya menggunakan Xiaomi Redmi 3 Pro dan selama itu pula saya setia dengan rom MIUI. Sejak awal penggunaan, September 2016 sampai akhir Agustus kemarin saya menunggu dengan sabar akan adanya upgrade MIUI dan juga versi android.

Namun kenyataannya pada beberapa kali pembaruan, Xiaomi Redmi 3 Pro hanya mendapat pembaruan MIUI saja tanpa dibarengi peningkatan versi android. Hingga tulisan ini dibuat versi android masih bertahan pada android 5.1 (Lollipop). Lumayan kecewa saat melihat smartphone Xiaomi lain dengan spek yang hampir sama telah memperoleh upgrade ke versi android yang lebih baru.

Karena kekecewaan itu, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan custom rom. Tak perlu pikir panjang pilihan saya jatuh pada LineageOS 14.1 yang tersemat android 7.1 (Nougat) di dalamnya. Kenapa saya memilih LineageOS? Sebab LineageOS merupakan penerus custom rom Cyanogenmod. Dulu saya merupakan pengguna setia Cyanogenmod ketika masih memakai hp Sony, Cyanogenmod merupakan custom rom populer kala itu.

LineageOS 14.1

Mungkin ada beberapa di antara kalian yang juga ingin coba mencicipi android Nougat melalui custom rom LineageOS seperti saya, berikut ini akan saya tuliskan syarat beserta langkah-langkah penginstalannya.

Syarat instal custom rom LineageOS

  • Xiaomi Redmi 3 Pro sudah unlock bootloader. Kalian bisa mengeceknya di Setelan, Developer Option, Status Mi Unlock. Jika tertulis Perangkat ini terkunci maka lakukan unlock bootloader terlebih dahulu.
  • Sudah terpasang TWRP Custom Recovery.
lineageOS 14.1 android Nougat Redmi 3 Pro terbaru
  • Download Google Apps. Gunakan ARM64, android 7.1 dan untuk paket yang ingin saya instal adalah pico.
Google Apps android 7.1 pico
  • MicroSD minimal 4 GB, kemudian masukkan hasil download LineageOS dan Google Apps ke dalamnya. Agar mudah dicari sebaiknya letakkan kedua file tersebut di luar folder. Lalu pasang microSD tersebut ke Redmi 3 Pro.
Baca Juga:  Pengalaman Membuat Bootable Linux Dengan Android Tanpa Root

Cara instal LineageOS di Redmi 3 Pro

Sebelum memulai, ada baiknya kalian backup dulu semua yang ada di dalam memori internal hp untuk menghindari kehilangan data-data penting. Saya tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi. Tutorial ini sudah berhasil dipraktekkan pada Xiaomi Redmi 3 Pro milik saya. Untuk pengguna Xiaomi Redmi 3 (biasa) kalian juga bisa mengikuti cara ini, sebab custom rom yang digunakan juga sama.

Masuk ke recovery mode. Caranya, dalam kondisi hp mati tekan Volume up + Power. Tahan keduanya hingga muncul logo MI kemudian lepaskan. Tekan Recovery maka hp akan reboot ke TWRP.

Buatlah backup dengan cara menekan Backup untuk berjaga-jaga jika terjadi gagal instal. Pastikan Backup dibuat di memori eksternal/microSD.

Kembali ke Main Menu, kemudian tekan Wipe. Tekan Format data dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Kembali ke previous menu dan tekan Advanced Wipe. Beri tanda pada partisi Cache dan System kemudian Swipe to Wipe. Tunggu hingga proses selesai.

Kembali ke Main Menu kemudian tekan Install. Cari dan pilih file LineageOS yang berformat .zip yang tersimpan pada microSD, kemudian Swipe to confirm Flash. Jika proses instal sudah selesai tekan Back.

Baca Juga:  Pengalaman Dapat Sepatu Baru Gratis dari Aplikasi Cashtree

Pilih Google Apps yang berformat .zip kemudian Swipe to confirm flash untuk menginstalnya. Ingat! Langkah ini harus dilakukan sebelum kita menyalakan android untuk pertama kali.

Setelah penginstalan Google Apps selesai kini saatnya menyalakan android untuk pertama kalinya dengan cara tekan Reboot, System. Agar tidak bootloop, saat ada pertanyaan Disable stock recovery replace now? silahkan di Swipe to Allow Disable. Harap sabar menunggu karena proses booting untuk pertama kali membutuhkan waktu agak lama (bisa di atas 10 menit).

*****

Selama beberapa hari menggunakan android Nougat custom rom LineageOS pada Xiaomi Redmi 3 Pro saya merasa cukup nyaman. Kinerjanya cukup stabil dan yang jelas fitur-fitur yang awalnya tak tersedia di MIUI kini bisa saya nikmati. Kira-kira fitur apa saja? Nantikan di artikel saya berikutnya.

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*