Menarik Saldo Paypal ke Rekening Tabungan Dolar Dalam Negeri

Bagi pelaku bisnis online, sistem pembayaran elektronik Paypal tentu sudah tak asing lagi. Dengan Paypal pembelian barang dan penerimaan dana dari pengguna Paypal lain akan semakin mudah. Memiliki akun Paypal sama saja kita memiliki rekening online yang aman untuk bertansaksi tanpa perlu memberikan informasi kartu kredit dimanapun kita berbelanja.

Secara umum saldo yang ada pada Paypal menggunakan mata uang Dolar Amerika Serikat (USD). Sehingga saat kita ingin menarik saldo tersebut ke rekening bank lokal, uang akan dikonversi dari USD ke IDR sesuai rate yang berlaku hari ini. Tapi jangan berfikir kalau hari ini nilai 1 USD = 15.300 IDR kalian akan mendapat 15.300 IDR juga. Biasanya rate Paypal lebih rendah. Jangan tanya kenapa, cukup kalian pikirkan saja apa yang dicari dalam sebuah transaksi jual beli. Kalau ingin sesuai dengan nilai Dolar saat ini, jual saja saldo Paypal kalian ke orang yang sedang membutuhkan saldo Paypal.

menarik saldo paypal ke rekening bank lokal bermata uang asing dolar USD
Contoh penarikan saldo Paypal ke rekening lokal

Di berbagai bank lokal di Indonesia ada sebuah produk tabungan dalam mata uang asing, termasuk salah satunya USD. Sebut saja Britama Valas dari BRI, BCA Dollar, BNI Dollar, Mandiri Tabungan Valas, dan masih banyak lagi. Saya mencoba mempelajari syarat dan ketentuan tabungan dolar dari beberapa bank. Kemudian saya berfikir seandainya uang dari Paypal bisa ditarik ke tabungan dolar secara langsung pasti menyenangkan karena dolar saya akan utuh.

Untuk menjawab rasa penasaran, saya coba mengirim email ke Paypal dengan isi: Selamat siang, Saya pengguna paypal dari Indonesia. Setahu saya penarikan dana ke rekening bank selalu dari USD dikonversi ke IDR. Kalau misalnya saya menggunakan rekening Indonesia namun berupa Rekening Tabungan Dollar USD apakah uang yang saya tarik akan tetap dikonversi dari USD ke IDR atau tetap USD? Terima kasih.

Tiga hari kemudian hp saya berdering, rupanya ada telepon dari negara tetangga, Malaysia (+60 ….). Saya angkat telepon tersebut. Dari sebrang sana terdengar suara seorang lelaki dengan lirih dan ramahnya memperkenalkan diri. Ternyata telepon dari Paypal yang bermaksud untuk menjelaskan suatu hal terkait email yang saya kirim kemarin.

Dari percakapan kami di telepon, didapat informasi bahwa saldo Paypal yang ditarik ke rekening bank lokal di Indonesia akan selalu dikonversi dari USD ke IDR. Entah itu penarikan ke tabungan rupiah maupun ke tabungan dolar. Itu sudah menjadi sebuah kebijakan dari Paypal. Jadi ketika kita menarik saldo Paypal ke tabungan dolar uang akan dikonversi sebanyak 2 kali, dari USD ke IDR kemudian dari IDR ke USD lagi.

Saya disarankan untuk tetap menggunakan rekening bank lokal dengan mata uang IDR agar terjadi 1 kali konversi saja. Sebab ketika terjadi 2 kali konversi mata uang, otomatis saya mengalami kerugian 2 kali juga. Beruntung saya tanya ke Paypal dulu sebelum membuat rekening tabungan dollar 😀

Cara mendapat saldo Paypal gratis

Sekedar iseng untuk menambah saldo Paypal secara gratis saya menginstal 2 aplikasi di smartphone android. Meski tak menjanjikan saldo yang banyak, tapi lumayan buat tambah-tambah beli paket internet bulanan saya. Berikut ini aplikasinya:

1. VeeU

Merupakan sebuah aplikasi android berbagi video. Kita akan diberi imbalan setiap menitnya berupa koin ketika menonton video, membagikan video dan masih banyak lagi. Nantinya koin yang terkumpul bisa ditukar dengan saldo Paypal. Tapi harap bersabar saat menukar menjadi saldo paypal karena prosesnya 7-15 hari. Jangan mengira scam, buktinya teman saya 15 hari baru masuk ke Paypal.

2. Streetbees

Streetbees merupakan aplikasi survey yang berani membayar mahal penggunanya. Sepengalaman saya menggunakan aplikasi ini, saya dibayar antara 10.000 rupiah hingga 14.000 rupiah persurvey yang disetujui. Setelah mengisi survey, kita harus menunggu beberapa hari untuk dicek dan disetujui. Begitu survey yang kita isi disetujui, uang akan dikirim langsung ke Paypal dalam 1-2 hari. Jadi di aplikasi ini tidak ada minimum payout.

Bagi kalian yang ingin mencoba aplikasi Streetbees silahkan instal melalui link ini. Saat pendaftaran silahkan masukkan kode referral/rujukan 8571YA2. Kalau beberapa hari belum ada survey yang masuk jangan buru-buru hapus aplikasi, tunggu saja, sebab survey disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, lokasi dan lain-lain.

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

8 Comments

  1. mas gimana ya. cara tarik dolar veeu ke pay pak kita.. sudah saya coba. dulu gagal.. aku sudah bermain veeu 1 bulan..

    • Keterangan gagalnya bagaimana? Coba lakukan di hari Minggu malam Senin karena di sana jelas tertulis Redemption is only available on Sunday.

  2. Mas, misal seorang freelance mendapat upah dr klien dlm bentuk dollar, apakah paypal lgsung mengirimkannya ke rekening bank lokal kita dan lgsung di konversi ke rupiah? Atau tetap ada di saldo Paypal kita dlm bentuk dollar?

    • Tetap di saldo Paypal dalam mata uang dollar selama kita tidak meminta penarikan saldo ke rekening bank lokal.

  3. Oiya, apakah konversi mata uang ini bagian dari layanan Paypal sejak dulu atau baru-baru ini saja? Dan apakah layanan ini bersifat wajib atau opsional saja?
    Maaf banyak nanya, masih pemula. Hehehe. Mohon pencerahannya mas…

    • Tentu sudah kebijakan Paypal sejak dulu. Dollar dalam saldo Paypal yang ditarik ke rekening bank lokal akan dikonversikan sesuai mata uang negara penerima. Sepertinya ini wajib.

      Bagi pembaca yang lebih tahu, mohon dikoreksi jika apa yang saya sampaikan salah 😀

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*