Memotong dan Menggabung Video di HP Android dengan VivaVideo Pro

Beberapa waktu yang lalu sepupu saya bertanya “apakah saya bisa memotong dan menggabungkan beberapa video menjadi satu?” Dengan pedenya saya menjawab “bisa” meskipun sebenarnya saya belum bisa apa-apa dan masih harus belajar banyak dalam hal editing video, termasuk potong-gabung video. Alat yang saya gunakan pun masih sebatas hp android. Sebab laptop yang saya miliki tak mampu untuk itu, setiap kali proses menyimpan hasil edit video laptop selalu overheat kemudian mati.

Kembali ke sepupu saya, bukan tanpa tujuan dia menanyakan hal di atas. Ternyata dia ada tugas sekolah membuat video tutorial berbahasa inggris dan saya diminta untuk merekam sekaligus mengedit videonya. Sebagai seorang kakak sepupu yang baik dan (terlebih) karena sudah terlanjur menjawab “bisa” mau tidak mau saya harus membantunya 😀

Berhubung hasil tugas video yang dibuat lumayan (acak-acakan 😆 ), tak ada salahnya dalam artikel ini saya tuliskan cara memotong dan menggabung video menggunakan hp android. Aplikasi yang saya gunakan adalah VivaVideo PRO. Aplikasi ini bisa di beli di playstore dengan harganya Rp. 43.000,- (saat artikel ini dibuat). Tenang saja, di playstore juga tersedia VivaVideo versi gratis buat kamu yang baru mau mencoba dan belum ingin membelinya, hanya saja tampilan serta fiturnya agak berbeda.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Lokasi, Usia dan Jenis Kelamin Followers Instagram

Cara memotong dan menggabung video

Memotong video biasa dilakukan untuk mengurangi durasi serta membuang bagian-bagian video yang dianggap tidak penting. Memotong video di android dengan menggunakan aplikasi VivaVideo PRO bisa dilakukan pada saat memilih/menambahkan video yang akan diedit atau bisa juga setelah video ditambahkan ke ruang pengeditan.

Mula-mula buka aplikasi VivaVideo PRO, kemudian pilih Edit. Di situ akan muncul semua video yang tersimpan dalam android kita. Pilih video yang akan diedit. Pada jendela Pangkas video yang muncul, geser batang durasi untuk menentukan titik awal dan akhir video. Kemudian tekan Tambahkan dan tunggu aplikasi Memproses video yang kita potong hingga selesai. Lalu pilih video lain (video kedua, ketiga, dst) yang akan digabungkan dengan video pertama. Kemudian tekan Selanjutnya untuk masuk ke ruang pengeditan.

Memotong video di android menggunakan viva video pro

Jika ternyata masih ada pemotongan yang kurang tepat, video masih bisa dipotong di ruang pengeditan. Caranya cukup mudah, pilih video yang akan dipotong, pada tab Pengeditan klip pilih Potong.

Baca Juga:  Menginstal LineageOS Android Nougat di Xiaomi Redmi 3 Pro

Akan muncul 2 pilihan yaitu Potong dan Memotong. Pilih Potong untuk membuang bagian depan dan belakang video, atau pilih Memotong untuk membuang bagian tengah video. Geser batang durasi sesuai keinginan, lalu tekan tanda centang hijau yang ada di pojok kanan bawah untuk menerapkan pemotongan.

Memotong video di android menggunakan viva video pro dalam ruang pengeditan

Di ruang pengeditan kita juga bisa menambah video lain. Caranya, pada tab Pengeditan klip tekan tanda +. Lalu pilih video yang akan ditambahkan. Setelah video berhasil ditambah ke ruang pengeditan, kita bisa menggeser posisi/urutan video tersebut.

Untuk menggeser urutan video cukup dengan tekan, tahan dan geser video ke kanan atau kiri sesuai posisi yang diinginkan. Tak perlu bingung, saat video siap digeser hp akan bergetar dan akan muncul angka sesuai urutan video.

Proses potong dan tambah video sudah selesai. Jika perlu, tambahkan efek dan yang lainnya agar video jadi lebih menarik. Setelah semuanya beres, kini saatnya untuk menyimpan hasil edit agar video bergabung menjadi satu. Pada pojok kanan atas tekan Bagikan, kemudian SIMPAN KE GALERI maka aplikasi VivaVideo PRO akan mengekspor hasil edit ke galeri. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*