Manfaat Olahraga Lari yang Sudah Saya Rasakan

Olahraga lari kini menjadi hobi yang sedang saya tekuni sejak awal tahun 2017. Bukan berarti di tahun-tahun sebelumnya saya tidak pernah berolahraga lari. Di tahun-tahun sebelumnya saya sudah suka lari, tapi hanya minggu pagi. Itupun kalau sempat dan bisa bangun pagi. Waktu itu lari hanya sekedarnya, tak pernah menghitung jarak dan waktu. Keringat tak jadi target, hanya cuci mata di keramaian 😀

Lari adalah olahraga yang murah meriah, tak perlu bayar, tak perlu pergi ke gedung olahraga. Saya rasa modalnya hanya kemauan saja. Bukankah lari bisa kita lakukan di jalanan ataupun lapangan? Semua bisa melakukan olahraga ini, baik orang berduit maupun orang yang sedang tak punya duit, baik tua maupun muda. Juga tak perlu latihan atau punya keahlian khusus untuk memulainya.

Sejak awal tahun ini saya mulai serius melakukan olahraga lari. Kenapa? Karena saya sadar begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga yang satu ini. Saya biasa melakukan lari di pagi hari setiap minggu, kadang ditambah 2-3 hari lainnya. Jadi saya bisa melakukan lari pagi 3-4 hari perminggu. Jaraknya berubah-ubah, biasanya hari minggu menjadi lari terjauh saya dibanding hari-hari lain.

Setelah beberapa bulan berolahraga lari secara rutin, kini saya merasakan manfaatnya. Terasa sekali di tubuh ini sehingga saya semakin ketagihan ingin lari dan terus berlari setiap pagi. Nah, di artikel ini saya akan menuliskan manfaat apa saja yang sudah saya rasakan itu. Langsung saja monggoh disimak.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Dulu saya sering masuk angin, sebulan bisa 2-3 kali kerokan. Kedinginan sebentar langsung masuk angin. Bepergian jauh naik motor dengan waktu tempuh +- 1jam sampai tujuan pasti masuk angin. Setelah rutin lari saya jarang sekali masuk angin, motoran jauh juga sudah gak masalah. Seingat saya terakhir masuk angin kemarin bulan Mei karena badan drop setelah siang malam di rumah sakit menunggu ibu dirawat.

Kalian yang mudah terserang penyakit musiman tidak ada salahnya untuk mulai merutinkan olahraga lari. Dulu saya mudah sekali pilek dan batuk setiap kali musim sakit itu datang. Alhamdulillah saat ini meski kadang tetangga banyak yang batuk pilek saya tidak tertular. Saya rasa sekarang sistem imun di tubuh saya sudah membaik.

Melancarkan metabolisme tubuh

Seperti olahraga lainnya, lari juga bisa memperlancar metabolisme tubuh. Dulu saya tidak setiap hari buang air besar (BAB). Kadang 2 hari sekali, kadang 3 hari sekali bahkan tak jarang 4 hari sekali. Setelah rutin lari saya bisa setiap hari BAB. Walau pagi bisa di tahan, siangnya pasti di tagih dan itu harus. Ah… sudahlah, agak jorok kalau kelamaan bahas yang ini.

Muka bebas jerawat

Kalau yang ini tidak bisa dikatakan muka saya bebas jerawat 100%. Karena terkadang masih muncul. Tapi menurut saya munculnya jerawat karena saya tidak langsung membersihkan muka ketika sudah kotor dan berminyak, maklumlah saya hanya seorang petani yang kerjaanya kotor-kotoran di bawah terik matahari. Sedangkan untuk kalian yang kerja kantoran, olahraga lari sepertinya cocok untuk mengurangi jerawat di muka. Praktekkan saja, jangan tanya bagaimana proses biologinya karena sudah pasti saya tak akan mampu menjawabnya.

Menghilangkan pegal-pegal di badan

Selain mudah tertular penyakit musiman, dulu saya juga sering merasakan pegal-pegal di pinggang dan punggung. Setelah beberapa bulan merutinkan olahraga lari saya tidak pernah pegal-pegal lagi sekalipun setelah bekerja berat. Ternyata dulu saya salah suka minum jamu pegal linu setiap kali pegal-pegal, lah wong dengan olah raga lari saja pegal-pegal gak berani datang 😆

Meningkatkan kualitas tidur

Dulu saya sering sekali insomnia. Jadwal tidur berantakan. Sering sekali siang menjadi malam, malam menjadi siang. Setelah rutin lari saya bisa tidur malam dengan nyenyak. Tak tanggung-tanggung kadang belum jam 9 malam sudah tertidur pulas. Kalian yang susah tidur bisa coba olahraga lari, nanti kalau kelelahan tentu akan tertidur dengan sendirinya.

Itu dia beberapa manfaat olahraga lari yang sudah saya rasakan sendiri. Perlu diingat bahwa tak cukup hanya dengan olahraga saja, peningkatan-peningkatan yang sudah saya tuliskan di atas tentunya tidak lepas dari pola makan yang teratur dan seimbang serta ditambah dengan istirahat yang cukup. Jadi kalau mau sehat selalu jaga pola makan, cukup istirahat dan olahraga yang teratur.

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*