Lama Mengantri, Baru Seminggu Dibuka Internet Bankingku Terblokir Lagi

Internet banking BRI terblokir dengan kode BBR00Q2
Internet banking BRI terblokir dengan kode BBR00Q2

Lagi-lagi internet banking BRI saya terblokir. Bukan karena 3 kali salah memasukkan password, bukan! Entah kenapa sayapun tak tahu alasan pastinya. Mungkin sistem mendeteksi ada aktivitas mencurigakan pada akun internet banking saya 😂 Saya ingat betul waktu itu saya ingin mengecek saldo tabungan, ketika login dengan user ID dan password yang benar bukannya masuk ke dashboard internet banking malah muncul tulisan User ID Terblokir di halaman login 🥴

Karena sudah berkali-kali terblokir, akun internet banking BRI saya diamkan beberapa bulan. Masih agak malas bolak balik ke kantor cabang hanya untuk buka blokir. Toh saya jarang bertransaksi melalui internet banking BRI. Hingga akhirnya, Selasa pagi minggu kemarin saya datang ke kantor cabang BRI Unit Prembun untuk membuka blokiran tersebut.

Hmm… Sebenarnya tujuan utama saya bukan itu. Awalnya saya hanya mau ke ATM yang ada di sana untuk mengambil uang transferan dari sepupu. Tapi karena melihat di dalam agak sepi dan kebetulan saya membawa buku tabungan (dengan sengaja), akhirnya saya masuk juga. Benar saja, antrian di customer service sudah sampai nomor 010 dan nomor antrian saya adalah 013. “Tak perlu mengantri lama” pikir saya.

Ternyata realita tak sesuai ekspektasi. Antrian yang hanya 3 nomor itu bisa membuat saya menunggu hingga 1,5 jam lebih. Kenapa bisa begitu? Sebab customer service sedang melayani pembuatan buku tabungan 30 orang tua/wali murid anak SMP yang mendapat dana bantuan dari pemerintah. Salah saya kenapa tadi hanya melihat antrian yang di depan customer service, padahal para wali murid banyak yang duduk mengantri di bangku depan teller.

Baca Juga:  Cara Membuka Blokir Internet Banking BRI Secara Online Tanpa ke Kantor Cabang

Waktu menunjukkan pukul 11.28 ketika nomor antrian saya dipanggil. Untuk mempersingkat waktu, mas customer service hanya membuka blokir akun dan menyuruh saya untuk mencoba masuk internet banking dengan user ID dan password yang benar. Sayangnya saya sudah lupa password yang terakhir kali digunakan. Maklumlah, saya kan sudah berbulan-bulan tak memakainya 🤭

Dengan sangat terpaksa urusan internet banking saya harus dibuat mulai dari awal lagi. Mas customer service menghapus akun internet banking yang lama, kemudian membuatkan yang baru. Mulai dari pembuatan user ID, pembuatan password, hingga berhasil masuk kembali ke akun internet banking di https://ib.bri.co.id/. Semua dilakukan dengan sangat sabar meskipun mas customer servicenya sempat berujar lirih kepada saya “Waduh lama dong ya kalau harus bikin dari awal. Udah lapar nih mas mau makan. Ya udah gak apa-apa deh.” sambil melempar tawa candanya.

Saya rasa karena umur kami hampir sepadan, jadi meski dia customer service dan saya nasabah, kami masih bisa ngobrol blak-blakan layaknya sesama teman. Mungkin beda lagi ceritanya kalau nasabah orang tua, pasti mas customer service tak akan berani bergumam seperti itu 🤣 Jujur, saya justru senang dengan customer service yang seperti itu, daripada kaku dan judes saat melayani.

Lanjut lagi ke masalah internet banking. Setelah saya berhasil masuk https://ib.bri.co.id/ dengan user ID dan password baru, tak lupa mas customer service mengingatkan saya untuk mendownload aplikasi BRI Mobile di play store. Sayapun melakukannya. Ternyata aplikasi BRI Mobile tak bisa berjalan dengan semestinya. Penyebanya adalah smartphone android saya sudah dioprek dan terdeteksi sudah diroot ditandai dengan munculnya pop up berisi keterangan “Device anda terindikasi telah diroot. Internet Banking Mobile tidak dapat digunakan untuk device yang telah diroot.”

Baca Juga:  Ternyata Membuat Rekening Baru BRI Simpedes itu Gampang

Semua proses perbaikan internet banking BRI yang terblokir telah selesai. Saya pulang. Cukup senang karena sudah bisa masuk internet banking lagi untuk sekedar cek saldo, transfer dan sesekali bayar tagihan tanpa harus pergi ke ATM. Ya, biarpun tak sepraktis dulu saat masih bisa menggunakan BRI Mobile sebelum hp diroot.

Syarat membuka blokir internet banking BRI

Sekedar info buat kamu yang internet banking BRI-nya terblokir. Untuk membuka blokir (mengaktifkan kembali) atau membuat password internet banking baru hanya butuh 3 syarat yaitu KTP asli, kartu ATM, buku tabungan. Ketiganya itu dibawa dan diserahkan kepada customer service, tapi jangan lupa nanti dibawa pulang lagi ya.heheh… Siapkan pula nomor hp yang masih aktif dengan isi pulsa yang cukup yang nantinya akan dijadikan sebagai mToken setiap kali bertransaksi via internet banking BRI.

BRI tidak mengenakan biaya untuk mengaktifkan kembali internet banking yang terblokir. Jadi jangan ragu untuk segera datang ke kantor cabang BRI terdekat di sekitar tempat tinggalmu. Semua itu demi kehidupan yang lebih mudah, bukan? Jangan seperti saya yang sekarang malas mengaktifkannya lagi karena baru Selasa minggu kemarin dibuka, hari Senin kemarin akun internet banking BRI saya sudah terblokir lagi 😭😭😭

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*