Jenius, Tabungan Digital BTPN yang Mengerti Semua Kebutuhanku

Memiliki banyak rekening tabungan dengan saldo yang minim membuat saya tekor di biaya admin bulanan. Jangankan menikmati bunga melimpah yang sebagian orang sebut sebagai riba, untuk mengganti biaya admin bulanan saja bunga yang diperoleh belum bisa. Alhasil terpotonglah saldo tabungan saya sedikit demi sedikit untuk membayar biaya admin bulanan rekening-rekening tersebut.

Bukan tanpa alasan saya memiliki banyak rekening tabungan. Demi memenuhi berbagai keperluan, terpaksa saya harus menggunakan beberapa rekening dari bank yang berbeda dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Beberapa rekening yang saya punya dibuat sejak merantau dulu dan masih memiliki manfaat tertentu di kehidupan saya saat ini. Makanya, rekening masih saya pertahankan agar tetap aktif hingga artikel ini saya buat.

Dari sekian banyak rekening tabungan, ada rekening yang memang saya khususkan untuk menyimpan sedikit uang. Ada yang selalu digunakan untuk pembayaran transaksi online supaya tidak terkena biaya transfer antar bank. Ada yang sekedar untuk menerima pembayaran Google Adsense karena kelebihannya yang bisa gratis tarik tunai di ATM manapun dan saldo bisa dikosongkan. Ada pula yang hanya dimanfaatkan kartu debitnya untuk memverifikasi akun Paypal sebagai pengganti kartu kredit.

Dari semua rekening tersebut, hanya 1 bank yang memiliki kantor cabang di sekitar tempat tinggal saya, sekitar 2-3 km. Bank lainnya jauh-jauh :mrgreen: Jadi kalau sudah saatnya ganti kartu-kartu ATM, saya harus pergi ke kantor cabang terdekat sekitar ±20 km dari rumah. Bahkan ada salah satu bank yang mengharuskan saya pergi ke luar kota Kebumen (Purwokerto, Magelang atau Yogyakarta) karena kantor cabang terdekatnya baru ada di sana.

Akhirnya berkenalan dengan Jenius

Jenius merupakan inovasi tabungan digital yang dikeluarkan oleh BTPN

Baru-baru ini saya mencoba sebuah produk digital banking dari bank BTPN yang diberi nama Jenius. Tabungan digital ini menawarkan kemudahan dalam hal pembukaan rekening, pengelolaan keuangan serta transaksinya. Tak perlu datang ke kantor cabang, semua cukup dilakukan melalui aplikasi di smartphone Android atau iOS saja.

Sudah 2 bulan saya berkenalan dengan Jenius. Ternyata semua fitur yang ada mampu mencuri hati saya sehingga rekening Jenius terus saya gunakan sampai sekarang. Berbagai fitur dari beberapa rekening bank yang selama ini saya pakai sudah ada di Jenius. Dengan semua kelebihan fitur yang dimilikinya, saya rasa dengan 1 rekening Jenius saja akan mampu memenuhi segala keperluan saya.

Kelebihan dan kekurangan Jenius BTPN

BTPN menghadirkan Jenius dengan banyak kelebihan yang saya suka, diantaranya yaitu:

  • Pembuatan rekening dilakukan secara online melalui aplikasi Jenius di Android atau iOS. Jadi, kita bisa membuatnya kapanpun dan dimanapun, tak harus di kantor cabang BTPN. Yang penting ada akses internet pasti bisa 😀
  • Ada 3 pilihan untuk aktivasi akun/rekening yaitu datang ke Jenius Live terdekat (untuk lokasi bisa cek di sini), bagi yang berada di luar Jabodetabek, Bandung dan Surabaya bisa datang ke kantor cabang BTPN Sinaya terdekat atau bisa juga melalui Video Call dengan Jenius Crew. Karena berada di Kebumen, saya memilih untuk aktivasi Jenius melalui video call yang dilayani setiap hari pukul 08.00 – 21.30 WIB. Sepengalaman saya, aktivasi melalui video call lumayan cepat. Pagi itu saya melakukan video call pukul 08.30 dan akun aktif pukul 10.40 di hari yang sama.
  • Bebas biaya dan setoran awal. Untuk membuat/membuka rekening Jenius BTPN kita memang tidak dikenakan biaya dan tanpa setoran awal. Jika akun telah aktif, rekening sudah langsung bisa terima transferan uang. Tapi jika ingin melakukan transaksi lain pastikan dulu di rekening Jeniusmu sudah ada saldonya ya 😆
  • Gratis biaya admin bulanan. Saya sangat terbantu dengan ini. Ya, saldo saya yang masih sekedar cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan tak terpotong lagi untuk membayar biaya admin. Mudah-mudahan kebijakan ini akan terus berlanjut 😀
  • Gratis biaya transaksi transfer antar bank dan tarik tunai di ATM Prima. Dengan ketentuan: saldo rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp. 1.000.000,- gratis tarik tunai di ATM 5 kali dan transfer antar bank 15 kali, saldo rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp. 10.000.000,- gratis tarik tunai di ATM dan transfer antar bank masing-masing 25 kali. Namun, jika saldo rata-rata bulan sebelumnya di bawah Rp. 1.000.000,- maka tidak ada kuota bebas biaya.
  • Ada 3 macam kartu debit Jenius yaitu m-Card, e-Card dan x-Card. m-Card merupakan kartu utama yang langsung terhubung dengan saldo aktif dan ada kartu fisiknya. e-Card merupakan kartu virtual yang bisa diakses di card center pada aplikasi Jenius. E-card cocok sekali buat kamu yang suka belanja online, beli aplikasi dan game online sebagai pengganti kartu kredit. Sedangkan x-Card merupakan kartu fisik tambahan yang bisa dimiliki jika kamu memintanya. Ada 3 pilihan warna x-Card yaitu biru, ungu dan hijau. Khusus yang berwarna biru ada pilihan x-Card Visa atau x-Card GPN. Sekarang saya menggunakan x-Card Visa untuk memverifikasi akun Paypal. Karena tak terhubung saldo aktif, sebelum digunakan e-Card dan x-Card harus di-top up terlebih dahulu.
Kartu debit Jenius BTPN jenis m-card dan x-card
Kartu debit Jenius orange: m-Card, hijau x-Card
  • Ada 3 jenis tabungan untuk mengatur keuangan yaitu Flexi Saver, Dream Saver dan Maxi Saver. Menabung di Flexi Saver akan mendapat bunga 5% p.a dihitung harian dan uang bisa di tarik sewaktu-waktu. Kamu yang punya impian bisa menabung secara otomatis di Dream Saver hingga target kamu tercapai. Tenang, di Dream Saver kamu bisa menetukan sendiri berapa target impianmu, berapa setoran awal, berapa setoran otomatis selanjutnya serta periode penyetoran (harian, mingguan atau bulanan). Sedangkan Maxi Saver merupakan tabungan berjenis deposito dengan nilai pokok minimal Rp. 10.000.000,- dan suku bunga hingga 7% p.a.
  • Kemudahan top up e-wallet. Saat artikel ini dibuat, ada 4 e-wallet yang bisa di top up melalui aplikasi Jenius yaitu GO-PAY, LinkAja, M-Tix dan OVO. Kerennya, di Jenius tidak ada biaya admin untuk top up keempat e-wallet tersebut. Mantap kan?
Baca Juga:  Rekening Payroll Astra Tetap Aktif Meski Sudah Lama tak Bekerja di Astra

Ada kelebihan pasti juga ada kekurangan. Begitupun dengan Jenius BTPN pasti ada kekurangannya. Apa saja kekurangannya? Berikut ini kekurangan Jenius menurut saya pribadi:

  • Butuh waktu lama untuk membuka aplikasi. Entah karena spesifikasi hp saya yang terlalu rendah atau memang aplikasi Jenius yang agak lama untuk memulai. Yang jelas di Redmi 3 Pro saya butuh waktu ±20 detik untuk sampai ke halaman log in. Saya sudah pernah menyampaikan hal ini ke Jenius Crew via telepon, semoga segera ada pembaruan aplikasi yang mengatasi masalah ini.
  • Belum ada pilihan kirim otomatis ke alamat email ketika e-statement bulanan diterbitkan. Memang di aplikasi sudah ada menu Statements, tapi menurut saya akan lebih baik lagi jika ada pilihan kirim ke email. Sebab pasti banyak orang yang membuka aplikasi hanya untuk bertansaksi dan cek saldo, bukan untuk cek laporan keuangan tiap bulan.

Terima kasih Jenius BTPN

Senang rasanya bisa memiliki rekening Jenius, tabungan digital dari BTPN yang mengerti semua kebutuhan saya. Sekarang saya hanya butuh 1 rekening untuk menyimpan uang, bertransaksi online, tarik tunai di ATM manapun, menerima pembayaran Google Adsense dan memverifikasi akun Paypal. Terima kasih BTPN atas inovasi yang sangat Jenius ini 🙂

Baca Juga:  Menonaktifkan SMS Notifikasi Tanpa ke Kantor Cabang BRI

Artikel ini dibuat atas keinginan sendiri untuk sekedar berbagi pengalaman tanpa ada kerjasama dengan pihak manapun.

Tentang Marjono 47 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

2 Comments

    • Tapi saya gratis mas Adin. Apa mungkin karena saya pengguna baru dan masih dalam masa bonus gratis 25 transaksi kali ya.

      TransaksiJenius BTPN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*