Ceritaku Menukar Kartu ATM BRI Lama dengan Kartu GPN

Jumat siang kemarin, saya pergi ke salah satu kantor cabang BRI untuk menukarkan kartu ATM (kartu debit) lama dengan kartu ATM BRI berlogo GPN. Sebenarnya masa aktif kartu ATM lama saya masih panjang, kondisi kartu juga masih bagus dan berfungsi dengan baik. Tapi karena ada pemberitahuan untuk menukar dengan kartu ber-CHIP dan berlogo GPN, segera saja saya lakukan penukaran.

tukarkan kartu debit BRI lama dengan kartu BRI berlogo GPN
sumber: jepretan langsung dari papan pengumuman bank BRi

Mula-mula pak satpam menanyakan keperluan saya. Lalu pak satpam memberi saya sepotong kertas bertuliskan nomor antrian dan mempersilahkan saya duduk untuk menunggu panggilan dari customer service. Nomor antrian saya 729 dan nomor yang sedang dilayani 723, masih 6 antrian lagi.

Saya duduk di kursi paling belakang, dekat pintu masuk. Kemudian banyak nasabah lain berdatangan. Ada yang duduk di sebelah saya, ada yang duduk di depan saya, hingga akhirnya semua kursi terisi penuh. Terlihat jelas usia mereka kebanyakan jauh di atas usia saya, bisa jadi seusia ayah saya. Saya jadi agak canggung untuk memulai sebuah percakapan dengan orang yang duduk di kursi sebelah.

Sebagian besar dari mereka bertujuan sama seperti saya, menukar kartu ATM. Hanya beberapa orang saja yang ingin meminta bantuan customer service untuk mentransfer uang dari rekening mereka. Transfer uang kok minta bantuan CS, kenapa gak di mesin ATM saja? Iya, maklum lah namanya juga di kampung, meski setiap nasabah sudah diwajibkan memiliki kartu ATM tapi tidak semua orang bisa menerimanya. Maksudnya, masih banyak orang tua di sini (yang karena keterbatasannya dalam baca & tulis) tidak mampu menggunakan mesin ATM meski sudah diajari berkali-kali. Mereka lebih nyaman bertransaksi melalui CS dan teller, sedangkan kartu ATM cuma mereka simpan. Termasuk ayah saya 😀

Baca Juga:  Rekening Payroll Astra Tetap Aktif Meski Sudah Lama tak Bekerja di Astra

Sudah menunggu agak lama, tapi nomor saya belum dipanggil juga. Hmmm… rupanya nomor antrian tidak berlaku saat itu. Buktinya orang-orang yang datang setelah saya dilayani lebih dulu hanya karena duduk di kursi bagian depan dan berani menyerobot, mereka yang bernomor antrian 731, 732 dan seterusnya, padahal di papan panggilan nomor masih 723. Saya bisa maklum, sebab mereka orang tua yang mungkin tidak terbiasa dengan urusan antri-mengantri.

Untungnya hari itu saya tidak ada kesibukan lain, jadi santai-santai saja. Hingga tersisa 3 orang dan saatnya saya dilayani. Tidak lebih dari 10 menit proses penukaran kartu debit (kartu ATM) lama dengan kartu debit BRI berlogo GPN telah selesai. Dan saat itu pula kartu yang baru telah aktif dan langsung bisa digunakan.

Kartu debit kartu ATM BRI berlogo GPN
Penampakan kartu GPN saya.hehe…

Syarat Penukaran

Untuk menukar kartu ATM BRI lama dengan kartu ATM BRI berlogo GPN kita harus membawa KTP asli, kartu ATM lama yang masih aktif dan buku tabungan. Kalian yang memiliki E-KTP dengan tulisan masa aktif yang sudah lewat tidak akan dipermasalahkan, karena sebenarnya E-KTP tersebut berlaku seumur hidup. Saya juga membawa E-KTP yang kadaluarsa tahun 2017 dan tetap dilayani.

Baca Juga:  Ternyata Membuat Rekening Baru BRI Simpedes itu Gampang

Apa itu GPN?

Mengutip dari Wikipedia, Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah sebuah sistem jaringan antarbank di Indonesia yang diinisiasi oleh Bank Indonesia. Diluncurkan pada 4 Desember 2017 di Jakarta, GPN melokalisasi sistem pembayaran perbankan di Indonesia yang sebelumnya terkonsentrasi pada produk pembayaran internasional seperti Visa dan Mastercard.

Jadi intinya, GPN akan menghubungkan berbagai transaksi nontunai seluruh bank ke dalam satu sistem pembayaran. Kita bisa menggunakan mesin EDC yang sama meski menggunakan kartu dari bank lokal yang berbeda. Tapi sayangnya hingga tulisan ini dibuat, kartu berlogo GPN belum bisa dipakai di luar negeri. Jadi untuk kebutuhan transaksi di luar negeri nasabah masih membutuhkan kartu berlogo Visa atau Mastercard.

*****

Demikian tadi sedikit cerita saya saat menukar kartu ATM BRI lama menjadi kartu ATM BRI ber-CHIP dan berlogo GPN. Apakah kalian sudah menukarkan kartu kalian? Atau masih pikir-pikir dan belum sempat pergi ke kantor cabang untuk menukarnya? Yuk bagikan cerita kalian di kolom komentar di bawah ini 😀

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*