Cara Mengirim dan Mengambil Kiriman Uang di Alfamart, Tak Perlu Rekening dan Kartu ATM

Mengirim uang melalui Alfamart tanpa rekening bank dan ATM
Lokasi: Alfamart Prembun
Tentunya sudah ijin ambil foto ke mas kasir yang baik hati ya 😎

Mengirim uang secara cepat tak selalu harus menggunakan rekening bank atau melalui mesin ATM. Bagi yang belum mempunyai rekening dan kartu ATM pun bisa. Ini karena sekarang sudah banyak penyedia jasa kirim uang secara instan dan real time yang ada di sekitar kita. Salah satunya adalah melalui Alfamart.

Loh kok melalui Alfamart? Bukankah Alfamart itu minimarket yang menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari? Ya! Memang benar. Tapi selain itu Alfamart juga melayani pengiriman uang ke seluruh wilayah di Indonesia tanpa rekening, tanpa kartu ATM. Yang diperlukan hanyalah nomor hp dan data di KTP kamu sebagai pengirim serta nomor hp dan nama si penerima.

Karena beberapa waktu yang lalu saya pernah mengambil kiriman uang di Alfamart dan Senin malam kemarin saya sudah mencoba mengirim uang, sekarang di sini akan saya bagikan cara mengirim dan menerima uang di Alfamart sesuai pengalaman saya. Kamu yang penasaran dengan caranya wajib baca artikel ini sampai selesai. Tak lupa pula, di sini juga akan saya tuliskan bagaimana cara membatalkan pengiriman uang jika ternyata terdapat kesalahan penulisan nama dan nomor hp si penerima atau karena suatu hal yang lain.

Cara mengirim uang di Alfamart

Syarat mengirim uang melalui Alfamart hanya membutuhkan nomor hp dan fotokopi kartu identitas diri, bisa KTP atau SIM. Dengan membawa syarat tersebut, datanglah ke Alfamart terdekat. Katakan kepada kasir kalau kamu mau mengirim uang. Biasanya kasir akan menanyakan jumlah uang yang akan dikirim dan meminta fotokopi KTP/SIM kamu. Tunggu beberapa saat hingga si kasir selesai memasukkan data dirimu ke sistem mereka.

Baca Juga:  Cara Membuat Kartu Member AKU Alfamart Secara Online

Kemudian kasir akan menanyakan nomor hpmu, nomor hp penerima dan nama penerima. Setelah semua data selesai dimasukkan, kasir akan memberitahukan jumlah uang yang harus kamu serahkan setelah ditambah dengan biaya admin. Besar biaya admin yang dibebankan tergantung dari nominal uang yang dikirim. Biaya admin sebesar 15.000 rupiah jika uang yang dikirim di bawah 1 juta dan biaya admin sebesar 25.000 rupiah jika uang yang dikirim sebanyak 1-5juta.

Setelah uang diserahkan ke kasir, kamu akan diberi struk bukti pengiriman uang berisi data diri pengirim dan penerima, kode penarikan (MTCN) serta kode pembatalan. Simpan struk tersebut. Kirimkan kode penarikan (MTCN) kepada si penerima karena ini merupakan salah satu syarat wajib untuk mengambil kiriman uang di Alfamart. Kode penarikan (MTCN) berlaku selama 1 bulan sejak tanggal pengiriman.

Stuk bukti pengiriman uang di Alfamart

Cara mengambil kiriman uang di Alfamart

Sekarang posisikan dulu diri kamu sebagai penerima biar gak salah paham 😂 Kalau sudah, mari kita lanjutkan.

Setelah menerima kode penarikan (MTCN) datanglah ke Alfamart terdekat dengan membawa fotokopi KTP atau SIM. Katakan kepada kasir kalau kamu mau mengambil kiriman uang. Serahkan fotokopi KTP/SIM dan beritahukan kode penarikannya. Sepertinya kamu akan ditanya siapa nama pengirim dan berapa jumlahnya. Pasti kamu hafal dong, itu kan memang kiriman buat kamu 🤭 Jika memang ada pengiriman dengan kode tersebut maka kamu akan segera menerima uangnya.

Baca Juga:  Cara Membuat Kartu Member AKU Alfamart Secara Online

Kamu yang tidak bisa mengambil sendiri bisa diwakilkan. Tidak perlu surat kuasa, cukup membawa fotokopi KTP/SIM yang namanya sesuai dengan yang tercantum di nama penerima. Tapi usahakan beri informasi sejelas mungkin supaya yang mewakili tidak kebingungan saat menjawab pertanyaan dari kasir.

Cara membatalkan pengiriman uang di Alfamart

Sekarang posisikan kembali diri kamu sebagai pengirim uang, karena pembatalan hanya bisa dilakukan oleh si pengirim uang.

Uang yang telah dikirim melalui Alfamart bisa dibatalkan pengirimannya asalkan uang tersebut belum diambil oleh si penerima. Caranya, datanglah ke Alfamart yang sama dengan Alfamart tempat kamu mengirim uang. Jangan lupa bawa fotokopi KTP/SIM dan struk bukti pengiriman uang. Bagian terpenting yang terpakai dari struk tersebut adalah kode pembatalan. Jadi bagian yang ada kode pembatalan jangan sampai terpotong atau hilang.

Katakan kepada kasir kalau kamu ingin membatalkan pengiriman uang. Ketika berhasil dibatalkan, uang yang dikembalikan hanya sejumlah uang yang dikirim. Sedangkan uang biaya admin tidak dikembalikan. Jadi semisal kamu mengirim 3juta dengan biaya admin 25ribu, maka uang yang dikembalikan hanya 3juta saja.

Mengirim uang melalui Alfamart menjadi sebuah alternatif yang saya anjurkan bagi kamu yang tidak memiliki rekening bank. Sebab sangat mudah, cepat dan aman. Bagaimana dengan kamu, apakah sependapat dengan saya? Silahkan tulis pendapat serta pengalamanmu mengirim uang melalui Alfamart di kolom komentar yang ada di bawah ini 😘

Tentang Marjono 47 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*