Cara Mengetahui Lokasi, Usia dan Jenis Kelamin Followers Instagram

Sebagai seorang pengguna instagram yang hanya untuk iseng saja, mencari tahu tentang detail followers tidak begitu penting menurut saya. Detail followers yang saya maksud di antaranya lokasi (kota/negara) followers tinggal, usia, jenis kelamin, dan lain-lain. Tapi bagi sebagian orang yang berbisnis menggunakan instagram, bisa jadi hal ini akan menjadi sangat penting.

Berawal dari keisengan saya membuat status whatsapp dengan screenshoot lokasi teratas, rentang usia dan prosentase jenis kelamin followers instagram, saya memutuskan untuk membuat artikel ini. Memangnya kenapa? Apa hubungannya? Begini, kebanyakan kawan saya yang melihat status whatsapp tersebut bertanya bagaimana bisa mendapat informasi tersebut. Sedangkan saat dicek di instagram mereka tidak ada.

Oleh sebab itu, saya ingin menulis caranya di sini. Barangkali nanti ada yang bertanya lagi, saya tinggal mengirim link artikel ini supaya mereka baca dan mencobanya sendiri. Selebihnya, semoga artikel ini juga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tutorial semacam ini di internet. Meskipun saya menyadari sudah banyak blog lain yang menulis tutorial sejenis jauh lebih lama dan lebih lengkap dari ini 😀

Untuk bisa melihat lokasi, usia dan jenis kelamin followers cukup menggunakan fitur Insight yang ada di dalam aplikasi instagram. Fitur ini akan muncul pada akun instagram jenis bisnis. Jadi, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengubah akun biasa menjadi akun bisnis. Menggunakan akun bisnis di instagram tetap gratis tanpa pungutan biaya berlangganan, jadi kalian tak perlu khawatir.

Baca Juga:  Menginstal LineageOS Android Nougat di Xiaomi Redmi 3 Pro

Cara mengubah akun biasa menjadi akun bisnis instagram

Sebelum tutorial saya mulai, saya ingin mengajak kalian yang berkenan untuk mengikuti akun instagram saya di @jononamikulo. Jika ingin di-follback silahkan kirim DM dengan isi pesan “Pembaca marjono.com.” Terima kasih 😀

Mula-mula, pastikan akun instagram kalian bersifat publik (bukan akun privat/digembok). Jika masih akun privat ubah dulu menjadi akun publik dengan cara masuk ke Profil, Pengaturan, Akun Privat.

Selanjutnya, masih di Pengaturan pilih Beralih ke Akun Bisnis, kemudian tekan Lanjutkan. Pilih kategori yang sesuai dengan bisnis kalian atau paling tidak yang paling mendekati dengan kegiatan kalian sehari-hari. Setelah itu tekan Selanjutnya.

Pada opsi kontak cek alamat email atau nomor hp yang muncul apakah sudah benar atau belum. Jika sudah benar tekan Selanjutnya. Pada halaman Hubungkan ke Facebook kalian bisa menekan Pilih Halaman untuk menghubungkan akun instagram dengan halaman facebook yang kalian miliki (jika belum punya akan diarahkan untuk membuatnya) atau bisa juga tekan Lewati. Saya memilih Lewati dan akan muncul sebuah pop up berisi ucapan Selamat datang.

Baca Juga:  Memotong dan Menggabung Video di HP Android dengan VivaVideo Pro

Sampai di sini proses mengubah akun instagram biasa menjadi akun bisnis sudah selesai. Beberapa fitur baru yang dikhususkan untuk akun bisnis telah muncul. Kalian bisa mencoba dan mengaturnya satu per satu.

Melihat lokasi, usia dan jenis kelamin followers

Untuk melihatnya, buka aplikasi instagram kemudian masuk ke profil. Tekan Menu yang berada di pojok kanan atas. Pilih Insight, di situ akan muncul berbagai macam data yang berhubungan dengan akun kalian. Data mengenai lokasi, usia dan jenis kelamin followers bisa ditemukan pada tab Pemirsa.

Cara mengetahui lokasi, usia, jenis kelamin followers instagram
Lokasi teratas, rentang usia dan jenis kelamin followers instagram @jononamikulo

Perhatian! Sesaat setelah proses peralihan dari akun biasa ke akun bisnis, khusus untuk Insight pada tab Aktivitas tidak akan langsung muncul data Interaksi dan Jelajah. Kalian harus menunggu beberapa waktu/hari agar data-datanya tersaji. Sedangkan pada tab Pemirsa data seperti lokasi teratas (Kota/Negara), Usia dan Jenis kelamin akan tersaji jika kalian memiliki minimal 100 pengikut.

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*