Cara Membuka Blokir Internet Banking BRI Secara Online Tanpa ke Kantor Cabang

Membuka kembali User ID internet banking BRI yang terblokir rupanya tak selalu harus dilakukan di kantor unit cabang. Tanpa ke sana pun bisa. Hanya bermodalkan smartphone atau pc yang terhubung dengan internet kamu sudah bisa membukanya secara online. Cukup menguntungkan bagi seseorang yang memiliki kesibukan atau yang malas menunggu antrian panjang.

Karena belum tahu bisa dilakukan secara online, beberapa waktu lalu, untuk kesekian kalinya saya datang ke kantor unit cabang untuk membuka User ID yang terblokir. Namun baru selang seminggu, User ID internet banking BRI saya terblokir lagi dengan kode BBR00Q2. Semua sudah saya ceritakan di artikel sebelumnya: Lama Mengantri, Baru Seminggu Dibuka Internet Bankingku Terblokir Lagi.

Setelah User ID terblokir kembali tanpa tahu apa penyebabnya, saya merasa kapok. Saya sudah enggan mengorbankan waktu berlama-lama duduk mengantri untuk hal itu. Saya berfikir lebih baik menggunakan internet banking dari bank lain saja. Toh hingga saat ini User ID internet banking dari bank lain belum pernah terblokir satu kalipun, padahal pemakaiannya jauh lebih lama jika dibanding dengan pemakaian internet banking BRI.

Hingga akhirnya, kemarin saya iseng membuka https://ib.bri.co.id melalui android dan melihat ada link bertuliskan Lupa password Anda? Ya! Link tersebut merupakan sebuah link pemulihan akun internet banking BRI. Tanpa pikir panjang saya langsung melakukan pemulihan akun melalui link tersebut. Dengan mengikuti semua langkah yang ada, dalam waktu beberapa menit User ID internet banking BRI berhasil terbuka dan masih bisa digunakan untuk transaksi finansial.

Halaman log in internet banking BRI

Syarat membuka blokir User ID secara online

Tidak semua pengguna internet banking BRI bisa melakukan pemulihan akun secara online. Dibutuhkan beberapa syarat. Di antara syarat tersebut yaitu sudah ada nomor ponsel aktif yang terdaftar sebagai mTOKEN, sudah ada alamat email yang telah terverifikasi dalam internet banking untuk menerima link pemulihan akun. Alamat email pemulihan biasanya dimasukkan pada saat pendaftaran internet banking di kantor unit cabang.

Siapkan juga kartu ATM, karena nanti pada saat proses pemulihan akun akan ditanya 16 digit nomor kartu ATM kamu. Satu lagi yang tak kalah penting, nomor ponsel juga harus dalam masa aktif dan berisi pulsa setidaknya sebesar biaya untuk menerima 1 kali sms token transaksi.

Baca Juga:  Ceritaku Menukar Kartu ATM BRI Lama dengan Kartu GPN

Langkah-langkah membuka blokir User ID secara online

Pertama, buka https://ib.bri.co.id melalui browser (disarankan google chrome terbaru). Pada halaman login yang muncul, di bagian bawah tekan link yang bertuliskan Lupa password Anda? Masukkan Nomor Kartu ATM, User ID, Alamat Email serta Kode Validasi dengan benar, lalu tekan kirim. Link untuk melakukan reset password akan segera dikirim ke alamat email kamu.

Kedua, tutup google chrome. Buka aplikasi email di smartphone kamu. Jika email reset password dari BRI belum muncul silahkan di refresh. Jika sudah muncul, buka email tersebut dan ikuti link di dalamnya (usahakan link terbuka dengan google chrome). Pada laman yang muncul masukkan Password Baru dan konfirmasi password baru pada kolom yang ada di bawahnya. Lalu masukkan juga mTOKEN yang dikirim melalui SMS ke nomor kamu. Setelah itu tekan kirim.

Jika tidak ada kendala, seharusnya proses pemulihan akun internet banking BRI sudah berhasil. Ditandai dengan munculnya laman berisi keterangan Perubahan password Internet Banking telah berhasil serta terdapat informasi nomor referensi. Kamu bisa menutupnya dan mencoba masuk ke Internet Banking dengan menggunakan password yang baru.

Baca Juga:  Menonaktifkan SMS Notifikasi Tanpa ke Kantor Cabang BRI

Sebagai informasi tambahan, password harus terdiri dari 8-12 digit, minimal harus mengandung 1 huruf besar, 1 huruf kecil dan 1 angka. Password tidak boleh mengandung spasi, tidak boleh sama dengan User ID. Password baru juga tidak boleh sama dengan 3 password terakhir yang pernah digunakan.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa tonton video di bawah ini.

Demikian cara membuka User ID internet banking BRI yang terblokir secara online tanpa ke kantor unit cabang. Kamu yang ternyata tak bisa melakukannya karena belum ada email yang terverifikasi dalam internet banking mau tak mau harus memperbaikinya di kantor unit cabang. Kamu juga bisa meminta untuk penghapusan akun internet banking terlebih dahulu melalui Call Center BRI di 14017, 62-21-500017 atau 62-21-57987400, kemudian registrasi lagi melalui ATM BRI atau EDC mini ATM BRI. Tenang saja, meskipun internet banking terblokir tapi kartu ATM BRI kamu masih bisa digunakan kok, karena kartu ATM tidak ikut terblokir 😊

Tentang Marjono 48 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*