Cara Membuat Kartu Member AKU Alfamart Secara Online

Mendaftar member Alfamart alias membuat kartu AKU bisa dilakukan di gerai Alfamart terdekat. Meski tanpa dipungut biaya pendaftaran, masih banyak pelanggan setia Alfamart yang enggan membuatnya. Tak terkecuali beberapa kerabat dekat saya. Alasan yang mereka lontarkan bermacam-macam. Ada yang malu bilang ke kasir, ada yang malas karena prosesnya agak lama, ada yang bilang kasihan dengan pengantri di belakang harus menunggu lama, ada yang karena tidak tahu dan berbagai alasan lain.

Bagi saya yang hobi berburu harga diskonan barang keperluan sehari-hari, memiliki kartu member AKU adalah hal wajib 😀 Kenapa? Sebab dengan memiliki kartu member AKU, saya bisa memperoleh berbagai macam keuntungan. Ya, keuntungan yang tak bisa didapat oleh pelanggan Alfamart yang belum menjadi member.

Apa keuntungan memiliki kartu member AKU Alfamart?

Cara Membuat Kartu Member AKU Alfamart Secara Online
Kartu AKU

Sudah 2 tahun lebih saya memiliki kartu member AKU jenis Ponta. Ada beberapa keuntungan yang saya dapat selama berbelanja di Alfamart menggunakan kartu AKU jenis Ponta ini. Keuntungan-keuntungan tersebut di antaranya:

Dapat Poin

Setiap belanja dengan kartu member AKU Alfamart jenis Ponta, kita akan mendapat sejumlah poin sesuai dengan total pembayaran yang kita lakukan. Ketentuannya adalah setiap 200 rupiah sama dengan 1 poin Ponta dan berlaku kelipatan. Jadi, misal kita berbelanja senilai 50.000 rupiah, poin yang didapat adalah sebanyak 250 poin Ponta.

Nantinya poin Ponta yang terkumpul bisa dipakai sebagai potongan belanja dan redeem suatu barang. Kalau untuk potongan belanja nilai 1 poin sama dengan 1 rupiah. Sedang untuk redeem seperti Reedom RABU kita hanya perlu menukar sejumlah poin sesuai ketentuan tanpa menambah uang untuk menebus barang tertentu. Misalnya Redeem RABU periode 31 Januari 2018 cukup menukar 11.900 poin Ponta untuk mendapat Bimoli Minyak Goreng Pouch 2 liter di Alfamart.

Baca Juga:  Cara Mengirim dan Mengambil Kiriman Uang di Alfamart, Tak Perlu Rekening dan Kartu ATM

Diskon Khusus Member

Setiap minggunya dapat dipastikan Alfamart selalu ada diskon/potongan harga baik untuk member maupun non member. Menariknya, meski sudah diskon terkadang di barang-barang tertentu masih ada tambahan diskon khusus pemegang kartu member AKU. Beruntung sekali kan kita yang sudah menjadi member dapat barang dengan harga dobel diskon?

Undian Berhadiah

Alfamart sering mengadakan undian berhadiah khusus untuk pelanggan yang berbelanja produk tertentu dengan menggunakan kartu member AKU. Hadiahnya bermacam-macam. Ada hadiah liburan, motor, voucher belanja, tabungan, emas dan masih banyak lagi sesuai dengan promo dan periode masing-masing. Alhamdulillah, setelah lebih dari 2 tahun menjadi member setia Alfamart saya belum pernah memenangkan hadiah apapun 😥

Promo Menarik di Merchant Lain

Untuk kartu member AKU jenis Ponta, ada promo menarik yang bisa kita nikmati di merchant-merchant lain yang sudah bekerja sama dengan Ponta. Seperti diskon 20% setiap hari di Depok Fantasi Water Park, diskon sampai 25% + 5% di Hotel Grande Lampung, diskon 50% untuk Delux Room karaoke dan diskon 15% khusus Food & Beverage di Selebrity Entertainment Center, diskon 35% di SnowBay Taman Mini Indonesia Indah hanya dengan menunjukkan kartu Ponta kita dan masih banyak promo lainnya.

Bagaimana cara membuat kartu member AKU Alfamart?

Seperti yang sudah saya katakan di awal, membuat kartu AKU bisa dilakukan di gerai Alfamart terdekat. Kita datang ke Alfamart dengan membawa KTP dan nomor hp yang masih aktif. Nanti kita akan disuruh menulis data-data sesuai KTP pada formulir yang telah disediakan. Setelah pengisian formulir selesai, kita akan diberi kartu AKU beserta petunjuk aktivasi kartu. Kalau tidak suka ribet, kalian bisa meminta bantuan kasir untuk mengaktivasi kartu tersebut.

Baca Juga:  Cara Mengirim dan Mengambil Kiriman Uang di Alfamart, Tak Perlu Rekening dan Kartu ATM

Selain di gerai Alfamart, pembuatan kartu AKU bisa dilakukan secara online bagi pemilik hp bersistem operasi android dan iOS. Caranya, instal aplikasi Alfa Gift melalui link ini, nanti kalian akan langsung diarahkan ke Play Store atau App Store. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut. Lihat 2 pilihan di atas yaitu Log in with Facebook atau Masuk dengan akun google. Agar lebih mudah masuklah dengan akun google kalian.

Selanjutnya, karena belum memiliki kartu member Alfamart maka kita pilih Daftar Sekarang. Isikan data-data yang diminta, kemudian tekan Register. Akan ada SMS masuk ke nomor yang kita daftarkan berisi kode OTP. Masukkan kode OTP ke kolom yang tersedia, centang I agree with the Term and Conditions, lalu tekan Verify. Tandai pilihan sesuai minat kemudian tekan Submit atau abaikan saja dengan menekan Skip. Semua proses sudah selesai, sekarang kartu member AKU jenis Ponta sudah berhasil kalian miliki.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah-langkahnya dalam video Youtube berikut ini.

Karena membuat kartu member AKU Alfamart secara online, maka kita tidak akan mendapat kartu fisik. Kartu yang kita peroleh hanya kartu virtual di dalam aplikasi Alfa Gift beserta nomor dan barcode kartu. Tapi tenang saja, kartu AKU fisik dan kartu AKU virtual memiliki fungsi dan keuntungan yang sama kok.

Tentang Marjono 47 Articles
Blogger asal Kebumen. Udah gitu doang.hehe...

32 Comments

    • kalau daftar lewat aplikasi alfa gift tinggal isi data seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel di atas. jadi nanti cuma dapat kartu virtual, tidak ada kartu fisik seperti kalau bikin di gerai Alfamart langsung. Tapi fungsinya sama kok.

  1. Aku mau ganti no telpon cara nya udah aku aktifasi lagi tapi gak bisa”..
    No telpon lama gak aktif lagi, aku gabung d alfa selama 4th
    Tolong dong cara lewat hp yang mudah.. Terimakasih

    • Kalau mau dapat kartunya bisa buat di Alfamart terdekat mbak. Kalau mbak Nadia buat melalui aplikasi ya cuma dapat kartu virtualnya saja 😁

      • Cara menukarnya bisa di aplikasi alfagift. Bisa juga potongan langsung pas belanja di Alfamart, tinggal bilang saja ke kasirnya.

  2. Saya baru buat kartu ponta online. Kalau saya belanja di alfamart tanpa punya kartu member alfamart apa bisa dapat poin ponta ?

  3. saya kan sudah daftar via line , disitu ada keterangan kartu saya waktu saya klik gambarnya kartunya tidak muncul. apa harus download dulu apk alfa giftnya atau pas belanja tunjukin nomor member ?

    • Iya sebutkan saja nomor membernya juga bisa kok. Tapi untuk mempermudah pengecekan dan penggunaan sebaiknya instal alfagift mbak.

  4. Mengapa setiap saya mau daftar di Alfamart atau di indomart
    Kariawannya selalau bilang “maaf stoknya blom dikirim embak”

    • Ya mungkin memang stok kartunya belum ada di toko mbak. Kenapa tidak daftar secara online saja? Kan sekarang baik kartu member Alfamart maupun Indomaret penggunaannya sangat mudah. Saat belanja tidak harus menunjukkan barcode ataupun nomor kartu member, cukup menyebutkan nomor hp yang digunakan saat pendaftaran dan poin akan terkumpul.

    • Fungsinya sama, cuma beda tempat pembuatannya. Kartu ponta Alfamart bisa digunakan untuk mengumpulkan poin ketika belanja di Alfamidi, begitu juga sebaliknya.

  5. Udh daftar lewat id line tp punya kartu fisik jadi mau daftar lagi untuk kehubung ke kartu fisik gabisa lagi karna nomor udah dipakai pas daftar online, yg di online bisa dibatalin gak?

    • Kalau itu saya kurang paham mbak. Saya sudah lama gak pakai line, jadi gak bisa coba-coba bikin member alfamart di line ataupun menghapus keanggotaannya.

  6. Kalo daftarnya offline di alfamart, kita dapet kartu fisik + bisa online juga di aplikasi Alfagift ya?

    • Pas bayar belanjaan, kartu pontanya kasih ke kasir biar discan. Biasanya poin akan masuk maksimal 3 hari setelah belanja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*